Tips Work From Home supaya lebih efektif untuk anda

Penyebaran COVID-19 atau Coronavirus hampir merata di semua negara termasuk Indonesia. Banyak pegawai yang sekarang melakukan pekerjaannya dari rumah atau yang dikenal dengan Work From Home (WFH). Sebenarnya bagaimana sih work from home itu? Apakah ada tips work from home supaya pekerjaan kita lebih efektif? Tentu saja cara itu ada dan mudah – mudahan bisa membantu kita untuk bekerja dengan lebih baik dengan work from home.

Tips wordk from home dengan efektif
Sumber: Freepik

Sebenarnya work from home itu sama saja dengan kita melakukan pekerjaan dari kantor. Bagaimana jika kita ingin meeting kecil dengan tim, apakah ini bisa dilakukan?  Itu pertanyaan yang mungkin akan muncul karena kita mempunyai kebiasaan untuk berinteraksi dengan orang lain. Yang paling susah itu kalau kita punyai kebiasaan ngobrol dengan teman untuk tukar pikiran atau diskusi untuk mencari ide. Ini akan sangat terasa berat sekali.

Apakah yang dimaksud WFH?

Sebenarnya istilah ini tidaklah sesuatu yang asing bagi para freelancer atau blogger tapi istilah ini menjadi sangat terkenal ketika pandemik COVID-19 melanda dunia dan Indonesia. Jadi pekerjaan yang biasa dikerjakan di kantor pada saat ini kita kerjakan semua itu di rumah.

Akan tetapi tidak semua jenis pekerjaan bisa melakukan Work From Home, contohnya teller dan customer service di bank.

Tips Work From Home supaya lebih efektif

Ada beberapa tips yang akan saya share mengenaik work from supaya lebih efektif. Hal yang perlu diingat adalah Work Form Home bukan sebuah acara liburan tapi tetap bekerja dengan suasana di rumah Sebagian kita kadang masih terasa canggung ketika melaksanakan Work From Home. Bagaimana saya berdiskusi dengan rekan kerja, bagaimana ritme waktu saya dan beberapa pertanyaan lain akan muncul.

#1 Tentukan jadwal kerja

Sebelum kita memulai kerja dari rumah, ada baiknya kita menyusun jadwal kerja satu hari sebelumnya. Mengapa? Karena jadwal yang jelas akan membuat pekerjaan kita menjadi lebih efektif dan tahu pasti apa yang akan dikerjakan esok harinya.

#2 Tentukan lokasi atau tempat bekerja yang nyaman

Selain jadwal kerja yang telah kita buat sebelumnya, tentukan juga tempat di mana kita akan melakukan work from home. Teman – teman juga bisa menentukan ruangan mana yang dipilih supaya kerja nyaman ketika di rumah. Walaupun tidak 100% tenang, minimal minim dari gangguan pada saat kita sedang bekerja.

#3 Gunakan aplikasi untuk berkomunikasi

Untuk berkomunikasi, selain menggunakan Whatsapp sebagai pengirim pesan, kita juga butuh aplikasi untuk komunikasi secara visual. Ada beberapa aplikasi yang bisa teman – teman pakai, misalnya Google Hangout, Microsoft teams, Zoom, Skype dan masih banyak lagi. Tentunya ini untuk memudahkan kita dalam bertatap muka tanpa tatap muka secara langsung.

#4 Lakukan rutinitas layaknya anda bekerja seperti biasa

Namanya juga kerja, walaupun dari rumah tetap saja kerja tetapi setidaknya lebih flexibel waktunya. Jika teman  teman sudah menerapkan 3 langkah di atas sebelum langkah yang ini, inshaa Allah akan teratur ritme kerjanya. 3 langkah sebelumnya untuk mencapai ritme kerja selayaknya sebelum work from home.

Bagaimana teman – teman? Bisakah kita menerapkan 4 tips work from home di atas? Saya yakin teman – teman bisa melakukan dan menerapkan tips tersebut. Bagaimana jika saya mempunyai tips lain yang bisa melengkapi tips yang saya share ini? Bisa saja kita bahas di kolom komentar di bawah artikel ini.

Terima kasih sudah berkunjung ke Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya bagikan di blog ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa membantu share artikel ini supaya lebih banyak lagi orang yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *