Waspada scam virus corona melalui email

Pada saat sekarang ini sedang maraknya sebuah virus yang asal mulanya dari Wuhan, RRC. Penyebarannya pun sangat cepat hingga berhasil menginfeksi hampir ke seluruh dunia. Jika teman – teman berita di televisi atau online, sudah beberapa negara yang terpapar virus ini, contohnya negara tetangga terdekat kita, Singapore dan Malaysia. Selain waspada di dunia nyata kita, kita juga harus waspada scam virus corona yang bisa menyebar melalui email.

waspada scam virus corona melalui e-mail

Ada oknum – oknum yang jahat dan memanfaatkan kondisi yang sedang terjadi dengan perbuatan jahat. Tidak hanya orang menimbun masker dan hand sanitizer serta menjualnya dengan harga tinggi saja yang muncul pada saat ini. Kita harus wajib waspada terhadap scam virus corona ini dan orang lain yang memanfaatkan situasi ini adalah hacker – hacker jahat dan mereka bisa beraksi dengan berbagai cara. Media apa yang bisanya digunakan oleh hacker nakal ini? Biasanya mereka menggunakan media email atau online messenger untuk mengiriman pesan – pesan yang berkaitan dengan virus corona.

Bisa dibayangkan bilang ada yang orang awam yang dengan lugunya melakukan klik terhadap link yang mereka sebar. Bisa jadi mereka akan meminta transfer atau membimbing untuk melakukan donasi palsu.

Jenis scam virus corona wajib diwaspadai

Setidaknya kita harus kenal beberapa jenis scam yang mungkin akan dimanfaat oleh orang – orang yang tidak bertangguhjawab. Ini adalah metode lama tapi dimofikasi menyesuaikan dengan momen yang sedang terjadi saat ini.

#1 Ransomware

Cara ini digunakan oleh hacker jahat dengan mengirimkan pesan melalui email dengan berita yang berhubungan dengan virus corona. Apakah hanya pesan saja? Biasanya mereka akan meberikan sebuah link dan jika link tersebut di klik maka akan mengarah ke situs tertentu dan menyarakan kita untuk mengunduh file. Padahal file tersebut adalah malicious file yang akan melakukan enkripsi pada file data korban jika diaktifkan dan mengubah nama file aslinya.

Dengan cara ini makan hacker jahat akan mengirimkan pesan untuk meminta tebusa terhadap file penting yang telah dienskripsi tadi.

#2 ClikJacking

Yang kedua adalah ClickJacking yang mengarahkan kita ke situs-situs palsu dengan menawarkan hadiah. Apa yang terjadi jika kita sudah masuk ke dalam jebakan tersebut? Bisa jadi mereka akan memalsukan data hingga bisa juga mengambil uang dari akun korban.

#3 Malware

Di saat sekarang ini orang akan penasara dengan keadaan terbaru tentang virus corona. Akan hadir aplikasi non-official atau tidak resmi yang bisa menawarkan informasi atau update berita tersebut. Padahal di dalam aplikasi tersebut sudah ditanamkan malicious file

#4 Fake Online Shop

Beberapa hari yang lalu saya mencari thermo gun untuk keperluan kantor dan barang ini menjadi sangat langka sekali. Di saat seperti ini kejahatan bisa saja muncul dengan menghadirkkan fake online shop yang hadir dengan harga yang murah tapi tidak melalui marketplace dan tidak mau COD. Eits tapi tidak semuanya juga fake online shop ya.

#5 Fake Charity

Kegiatan charity adalah misi kemanusiaan yang amat baik, ada banyak cara yaitu dengan penggalangan dana. Nah saat ini bisa dimanfaatkan hacker jahat untuk melakukan scam dengan membuat fake charity dan menghimpun dana, padahal dana tersebut tidak disalurkan.

#6 Phishing

Ini juga merupakan cara lama dan bisa dibuat berdasarkan situasi untuk dimanfaatkan. Kita akan diarahkan untuk login ke sosial media tetapi halaman sosial medianya tersebut adalah palsu. Kok banyak orang percaya? Karena tampilannya dibuat semirip mungkin dengan website aslinya. Saran buat teman – teman, periksa kembali alamat website yang biasa anda login, apakah web yang sebenarnya atau bukan.

6 Cara menghindari hal tersebut

Setelah melihat tujuh tipe scam yang bisa digunakan oleh hacker untuk mengelabuhi kita, saya akan share 6 cara yang bisa teman – teman coba. Walaupun penjahat itu pintar, setidaknya kita bisa menjadi waspada dengan cara di bawah ini.

  1. Jangan membuka link atau lampiran email dari pihak yang tidak dikenal.
  2. Berhati-hati saat melakukan transaksi online dan cek kredibilitas dari toko online tersebut.
  3. Jangan download aplikasi selain dari Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  4. Pastikan terdapat antivirus di device yang teman – teman gunakan.
  5. Pastikan OS yang digunakan adalah update terbaru.
  6. Apabila menerima telephone robot, segera tutup dan jangan menekan tombol apapun.

Itu yang bisa saya sharingkan di sore hari ini sedikit tentang kemanan di dunia maya yang memanfaatkan momen virus corona saat ini. Tetap jaga keehatan dengan makan makanan yang bergizi, jangan lupa istirahat dan sebisa mungkin #dirumahsaja jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya share di blog hari ini bermanfaat untuk kita semua. Teman – teman juga bisa bantu untuk share artikel ini supaya lebih banyak lagi yang tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *