Online shop di wordpress dengan woocommerce

Impian mempunyai toko online sendiri adalah tingkat selanjutnya ketika kita sudah berhasil memulai jualan online di sosial media. Mengapa kita perlu namanya web/blog online shop? Jawabnya mudah. Supaya kita terlihat lebih professional dan lebih serius dalam jualan.

Mungkin selama ini kita hanya beranggapan bahwa membuat toko online itu susah dan ribet. Sebenarnya tidak seperti itu, mengapa? Karena dengan hanya dengan menggunakan wordpress, kita bisa membuat semua itu jadi mudah dan terwujud.

Persiapan

Ini adalah hal – hal yang harus kita persiapkan sebelum kita mengubah wordpress menjadi blog yang tampak online shop professional ala kita sendiri.

  1. Buat terlebih dahulu blog dengan menggunakan wordpress dan tentu saja ini menggunakan self-hosting ( artinya pakai hosting yang berbayar )
  2. Menuju ke tab plugin lalu pilih add new dan search plugin woocommerce.
  3. Install plugin tersebut hingga selesai dan active-kan plugin tersebut.

Setting woocommerce

Gambar di atas adalah setting Ini adalah tahap yang agak lebih dalam masuk ke sistem woocommerce.

  1. Buka plugin lalu piih setting woocommerce, nah di sini kita akan di hadapkan pada beberapa hal yang harus kita lakukan setting seperti gambar di atas.
  2. Tab General untuk melakukan setting mata uang, lokasi toko, jangkauan penjualan toko, dll.
  3. Tab Product, di sini kita melakukan pengaturan untuk jenis product.
  4. Tab Tax, kita bisa melakukan setting jika product yang kita juak itu sudah termasuk pajak atau belum.
  5. Tab Checkout, melakukan setting untuk field apa saja yang harus diisi ketika pembeli/customer melakukan checkut pembelian di toko kita.
  6. Tab Shipping, bagian ini untuk mengatur shipping apa yang akan kita gunakan, tapi jika kita berada di luar negeri, ini sangat berguna tapi jika kita di indonesia, ada baiknya kita menggunakan plugin yang mendukung jasa pengiriman Indonesia.
  7. Tab Account, untuk tab ini adalah bagian informasi yang harus diisi oleh customer karenan nantinya mereka memilik account di toko online kita. Jadi customer harus registrasi untuk nama, alamat pengiriman, no hp, dan semua hal yang berkaitan untuk keperluan pengiriman serta konfirmasi pembayaran.
  8. Tab Email, nah ini kita bisa membuat sesuai kata-kata kita berisi pemberitahuan melalui email bahwa customer teserbut sudah melakukan pembelian dan harus segera melakukan pembayaran ke rekening toko online kita.

Masih ribet untuk memulai sebuah toko online? Jika kita sudah bisa mengelola blog tentu akan lebih mudah tapi jika kita belum bisa, semua itu bisa dipelajari dan di coba. Untuk theme yang support woocommerce akan kita bahas di postingan selanjutnya.

Sekian dari saya tentang Online shop di wordpress dengan woocommerce, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *