Menambah icon menu di wordpress

Ketika berjalan – jalan di beberapa blog dan website, saya memperhatikan ada bagian menu terdapat logo – logo yang mewakili setiap tulisan yang kita buat di blog atau website kita sehingga orang akan langsung mengerti begitu melihat logo tersebut.

Selain kita bisa buat category yang mewakili postingan kita dengan logo tersebut, logo bisa membuat theme yang kita gunakan menjadi lebih kelihatan professional walaupun kita menggunakan theme wordpress free. Mengapa saya berkata demikian? Karena beberapa theme yang saya lihat nampak yang menggunakan logo di menunya itu bersifat berbayar. Contoh menu yang menggunakan logo seperti di bawah ini atau bisa juga dilihat yang digunakan di blog ini. Aslinya theme ini tidak menggunakan logo di menunya tapi saya customize sedikit supaya lebih keren.

Lalu apakah ada cara supaya kita bisa memunculkan logo tersebut? Jawabnya ada 2 cara :

  1. Menggunakan plugin yang bernama Font Awesome 4 menus
  2. Dengan cara menambahkan code di menu

Jika menggunakan cara pertama, kita hanya menginstall saja plugin tersebut dengan melakukan setting sana dan sini maka akan terlihatlah logo tersebut. Mudah bukan?

Apakah saya akan menjelaskan cara yang pertama? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Karena saya akan mencoba untuk meminimalisir penggunaan plugin untuk sesuatu yang sebenarnya tidak harus menggunakan plugin, jadi cukup ditambah kode saja dan akan muncul sehingga tidak memberatkan hosting.

  1. Akses website yang menyediakan icon – icon yang akan kita gunakan di sini. Diklik icon yang telah kita pilih lalu akan nampak code seperti ini
    <i class="fa fa-address-book" aria-hidden="true"></i>

  2. Buka Appearance di dashboard wordpress kita lalu pilih Menus.
  3. Pilih menu yang sebelumnya telah kita buat lalu klik tanda panah ke bawah dan tambahkan code yang kita copy dari website ini ke sebelah nama category tersebut.
  4. Setelah itu simpan dan coba untuk preview maka kita akan melihat di sebelah tulisan menu akan nampak logo yang telah kita tambahkan tadi atau sebagai contohnya bisa dilihat di blog ini ya .

Selamat mencoba teman – teman di manapun berada, supaya segera dicoba tutorialnya ya.

Sekian dari saya tentang Mengatur fitur save otomatis di Word, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *