Cara membuat download button di wordpress

Saya penasaran dengan cara – cara orang untuk membuat tombol download yang keren menurut saya. Sebelumnya saya membuatnya dengan manual yaitu dengan membuat tombol dengan menggunakan photoshop dan memasukkan secara manual. Apakah ini membuat beban blog? Tentu saja iya karena berupa picture yang di upload ke hosting.

Saya tetap penasaran dengan hal tersebut, saya berusaha googling dengan harapan bisa membuat tombol download tanpa menggunakan plugin dengan tujuan supaya memperkecil menggunakan plugi dan bisa menambahkan code saja di dalam theme. Akhirnya tidak ketemu dan ketemunya dengan menggunakan plugin, baiklah kita akan menggunakan plugin ini yang bernama Forget About Shortcode Button. Namanya cukup unik dan agak panjang tapi menurut saya plugin ini ringan dengan hanya berukuran 600-an kb dan mudah untuk menggunakannya.

Di tutorial kali ini saya akan menunjukkan bagaiman menggunakan plugin ini dengan sangat mudahnya.

  1. Tentu saja kita harus download terlebih dahulu plugin tersebut atau bisa langsung cari di plugin store
  2. Tentu saja kita harus install, tinggal klik install untuk yang mengambil langsung dari plugin store atau menaruh secara manual di menggunakan file explorer yang ada di cpanel.
  3. Active-kan plugin tersebut untuk mulai tutorial ini.

3 langkah di atas adalah pre-tutorial sebelum mulai tutorial yang sesungguhnya. berikut adalah tutorial yang kita tunggu untuk menggunakan plugin ini.

  1. Buka Post baru lalu klik lalu klik bagian yang diberi tanda merah dan ingat jangan klik yang lain ya…. hahahahah…..
  2. Setelah itu kita bisa melakukan setting untuk tulisan yang akan kita munculkan lalu menambahkan simbol di Download Button.
  3. Jangan lupa untuk menambahkan link download di button tersebut. Jika sudah merasa cukup baik download button yang kita buat maka bisa klik update maka tombol download yang kita buat akan muncul di halaman posting kita.
  4. Sudah siap tombol yang kita buat dan untuk contohnya bisa dilihat tombol donload yang telah saya buat sebelumnya di bawah ini.

Get The Plugin

Selamat mecoba teman – teman blogger yang lain, semoga berhasil untuk membuat tombol download dengan lebih simpel. 

Sekian dari saya tentang Cara membuat download button di wordpress, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.