Home Tekno News Malware Shdowhammer Berpotensi Menginfeksi 100 Ribu Gamer

Malware Shdowhammer Berpotensi Menginfeksi 100 Ribu Gamer

malware yang menyerang gamer online

ikirangga – Suatu perusahaan yang bergerak di bidang software akan melakukan update untuk meningkatkan keamanan dari software tersebut. Hal ini dilakukan dengan beberapa cara seperti manual update ataupun live update. Pilihan tetap ada di tangan konsumen mana tipe update yang akan dipilih. Kembali ke pasal 1, itu semua untuk kenyamanan dan keamanan data dari pengguna.

Seperti yang ikirangga kutip dari liputan6 dan Gamerant, bahwa Asus telah merilis sebuah update untuk meningkatkan keamanan melalui software Live Update. Sayangnya, Live Update ini dimanfaatkan oleh sejumlah hacker untuk menyebarkan malware. Asus telah melakukan update lagi untuk mengatasi hal tersebut dan sudah ada 2 perusahaan keamanan yang melaporkan hal tersebut, yaitu Kaspersky & Eset. Mereka melaporkan bahwa malware tersebut menargetkan untuk 3 studio game. Selain dari 3 studio game tersebut, ternyata malware tersebut juga menargetkan untuk software Microsoft Visual Studio.

Bisa disimpulan bahwa malware ini akan berpotensi untuk menginfeksi 100 ribu gamer di seluruh dunia tentunya. Wah repot juga ya sahabat ikirangga jika ada hacker yang super kreatif dan mendompleng Live Update dari suatu perusahaan. Siapa yang akan tahu bahwa itu adalah sebuah malware yang merugikan. Untuknya Asus segera melakukan update kembali untuk mengatasi malware tersebut.

Siapa saja developer game yang telah terinfeksi malware tersebut?

cyber kewaspadaan

Ada 2 dari 3 studio game yang dibuka oleh 2 perusahaan keamanan tersebut yaitu Electronics Extreme dengan gamenya yang berjudul Infestation dan Zepetto dengan game yang berjudul Point Blank.

Menurut ESET, malware tersebut sudah menginfeksi komputer yang berada di Asia dan yang terbesar berada di Thailand. Masih menurut Perusahaan keamanan yang lain yaitu Kaspersky. Menurut mereka, setidaknya malware ShadowHammer ini telah didistribusikan ke sekitar 1 juta komputer, melalui update patch Asus.

Selain melakukan update, Asus juga menyertakan tool diagnostik sebagai keamanan kedua. Dengan menggunakan tools ini kita bisa memindai komputer dan mengetahui apakah terserang malware ini atau tidak.

Wah hal ini sangat mengkhawatirkan ya teman – teman, bisa dikhawatirkan bahwa malware ini telah hinggap sebelum game ini diluncurkan. Hal lain yang mengkhawatirkan adalah para hacker tersebut apakah sudah bisa mengakses server Asus? Yuk mari kita tetap waspada ketika ada update ya sahabat, walaupun itu resmi.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, semoga informasi yang disajikan di blog ini bermanfaat. Sahabat ikirangga juga bisa berkunjung di fan page ikirangga. Sahabat juga bisa share supaya informasinya tidak berhenti di sahabat ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here