Home Tekno News 3 Chipset Snapdragon Diluncurkan Oleh Qualcomm

3 Chipset Snapdragon Diluncurkan Oleh Qualcomm

snapdragon chipset
sumber : detik

Qualcomm adalah salah satu produsen prosesor mobile yang terkenal produknya yaitu Snapdragon. Baru – baru ini Qualcomm meluncurkan 3 buah chipset Snapdragon dan salah satunya dikhususkan untuk smartphone yang fokus kepada game. Apakah ini angin segar untuk para gamer?? Mengapa hanya untuk game? dan darimana tahunya jika itu prosesor untuk game?

Seperti yang kami kutip dari Liputan6, 3 jenis chipset Snapdragon itu adalah Snapdragon 730, 730G, dan 665. Salah satu chipset yang kita bicarakan tadi adalah 730G, huruf “G” merupakan indikasi yang mengarah kepada game. Jajaran chipset yang baru ini didesain untuk pengguna gaming, Artificial Intelligence (AI) dan performa yang mumpuni untuk bermain game.

Bagaimana untuk performa dan penjelasan dari masing – masing chipset Snapdragon ini?

1. Snapdragon 730

Chipset yang pertama adalah Snapdragon 730 yang merupakan merupakan SoC (System On Chip) seri 7 generasi pertama dari Qualcomm. Untuk chipset ini memiliki AI Engine multi-core generasi keempat Qualcomm yang lebih kuat dari beberapa generasi sebelumnya.

Di dalam chipset ini terdapat ISP (Image Signal Processor) Qualcomm Spectra 350 yang memilik keunggulan hemat daya 4 kali dibandingkan pendahulunya. Untuk hal yang lain seperti kamera yaitu mendukung untuk 3 kamera yang terdiri dari lensa telephoto, ultra-wide dan potrait juga mendukung video 4K HDR.

Chipset Snapdragon 730 ini dilengkap dengan GPU Adreno 618 dengan proses 8nm.

2. Snapdragon 730G

Chipset Snapdragon yang kedua adalah seri 730G. Chipset Snapdragon ini mempunyai huruf G di belakang serinya yaitu 730G yang mengindikasikan bahwa chipset diperuntukkan untuk ponsel gaming. GPU yang disandingkan dengan chipset Snapdragon 730G adalah Adreno 618. Untuk GPU tampaknya sama dengan Snapdragon 730, eitss tunggu dulu untuk GPU Adreno 618 yang ini telah ditingkatkan sehingga rendering grafis menjadi 15 persen lebih cepat dibandingkan dengan seri Chipset Snapdragon 730 tentunya.

Apakah ada fitur lain yang dibawa oleh Chipset Snapdragon 730G yang lain? Tentu saja ada yaitu fitur Jank Reducer yang bisa menghilangkan 90 persen Junk ketika kita sedang memainkan game pada 30fps.

Tentu saja dengan chipset ini tampilan game akan lebih realistis dengan dukungan Adreno 618 yang sudah ditingkatkan kemampuannya.

3. Snapdragon 665

Untuk chipset tang terakhir adalah Chipset Snapdragon 665. Chipset yang satu ini memang tidak segahar kedua temannya tapi Chipset Snapdragon 665 ini diperuntukkan pada game segmen menengah.

Meskipun berada pada Chipset kelas menengah tapi Chipset Snapdragon 665 ini dilengkapi oleh AI Engine (Spectra 165 ISP) yang tentu saja memiliki kemampuan dua kali generasi sebelumnya. Untuk GPU yang datang dengan Chipset Snapdragon 665 adalah GPU Adreno 610. Adakah hal lain yang datang bersama chipset ini? Tentu saja ada yaitu Snapdragon 665 menggunakan CPU Kryo 260, dan untuk sisi modemnya menggunakan Snapdragon X12 LTE Modem dengan fitur menangani kecepatan unduhan 4G LTE hingga 600Mbps.

Dari segi kamera mendukung 3 kamera yaitu telephoto, wide angle, dan ultra-wide dengan dengan sensor 48MP.

Nah teman – teman itu adalah 3 Chipset Snapdragon yang diliuncurkan oleh Qualcomm untuk nantinya bisa digunakan oleh smartphoen – smartphone android sesuai dengan segmen yang dibangun.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here