Home Software macOS DaVinci Resolve, Software Video Editing Gratis

DaVinci Resolve, Software Video Editing Gratis

aplikasi video editing davinci resolve

Masih banyak dari kita yang underestimate dengan software atau aplikasi yang bersifat free atau gratisan. Apakah semuanya seperti itu? Tentu saja tidak teman – teman. Dengan semangat open source tentu saja banyak juga aplikasi gratisan yang tidak kalah dengan aplikasi berbayar dengan harga mahal.

Jika ditanya tentang aplikasi atau software editing video, kira – kira aplikasi atau software apa yang akan terbayang di benak teman – teman?  Saya yakin bahwa kitaakan langsung mengeluarkan statement dengan menyebutkan software berbayar.  Seperti apa contohnya? Contohnya seperti Final Cut Pro, Adobe Premiere, Camtasia, Filmora dan masih banyak lagi.

Saya juga baru tahu bahwa ada software free yang mempunyai kemampuan layaknya software berbayar. Software ini bernama DaVinci Resolve dengan tampilannya mirip dengan Final Cut Pro yang ada di macOS. Nanti kita akan bahas fitur – fitur apa saja yang bisa kita bedah dan pakai di software DaVinci Resolve ini.

Apa itu DaVinci Resolve?

DaVinci Resolve adalah sebuah aplikasi editing profesional dengan kemampuan hingga video 8K. Software ini menggabungkan semua aspek dan fitur menjadi satu software saja. Sudah banyak yang menggunakan ini untuk produksi Youtube, Vimeo dan masih banyak lagi. Software ini merupakan produk dari Black Magic Design. Selain menyediakan versi software gratis, DaVinci Resolve juga menyediakan versi berbayar. Itu adalah pilihan jika ingin tetap menggunakan yang free software juga tidak apa – apa.

Apa saja fungsi – fungsi dari DaVinci Resolve?

Seperti layaknya software atau aplikasi yang lain dan berbayar, DaVinci Resolve menawarkan fitur – fitur yang tidak kalah untuk diadu. Mari kita bahas satu per satu untuk fitur – fitur dari DaVinci Resolve. Kita akan sama – sama belajar tentang fungsi – fungsi yang ada di DaVinci Resolver.

1. Fungsi Cut

Fitur yang pertama ini adalah fitur cut. Jadi dengan menggunakan fitur ini akan mudah untuk melakukan pemotongan video. Proses cut juga lebih smooth dengan menggunakan tools cut yang ada di DaVinci Resolve. Pada saat memotong, akan terbentuk garis putus seperti ketika kita akan motong kertas. Pemotongan yang smooth ini menggunakan analisis gambar aliran optik canggih untuk secara ajaib menghaluskan potongan lompatan di antara klip yang sama!

2. Fungsi Edit

Hal apa saja yang bisa dikerjakan pada fitur edit di DaVinci Resolve? Ada beberapa fitur yang disediakan oleh Davinci Resolve dan ini sangat menunjang untuk proses editing video. Apa saja fitur – fitur tersebut?

  1. Subtitles and Closed Captioning
  2. Stacked Timeline
  3. On-Screen Annotations
  4. 2D and 3D Title Templates
  5. Resolve FX Keyframes
  6. Improved Optical Flow
  7. Advanced Trimming
  8. Stacked Timelines
  9. Audio Overlays
  10. Multicam Editing
  11. Working with Bins
  12. Plug-In Effects
  13. Speed Effects
  14. Timeline Curve Editor

Mantap kan teman – teman, ada banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan video editing dengan menggunakan DaVinci Resolve. Dengan 14 fitur tersebut, hasil editing yang kita lakukan akan keren dengan menggunakan software gratis.

3. Fungsi Fusion

Fungsi ini membuat kita menjadi kreatif untuk mengolah sebuah video. Mengapa? Sesuai dengan arti Fusion yaitu menggabungkan beberapa fitur untuk membuat sebuah video menjadi lebih bagus. Beberapa fitur yang digabungkan seperti fitur cinematix, visual effect untuk disematkan di video, lalu fitur untuk menghilangkan green dan blue screen. Semua fitur canggih akan digabungkan sampai dengan fitur untuk menciptakan partikel – partikel 3D.

4. Fungsi Color

Sebuah fungsi color atau warna juga menentukan kualitas sebuah video yang telah diolah secara sedemikian rupa. Salah satu fitur yang ada yaitu Curve editor yang berfungsi untuk menentukan warna dari sebuah object. Warna pasti berhubungan dengan yang namanya noise dan DaVinci Resolve mempunyai fitur Noise Reduction. Jadi video mentah yang dihasilkan akan dikurangi noisenya sehingga tercipta video yang sempurna dengan sedikit noise.

5. Fungsi Fairlight

Fungsi ini berkaitan dengan sound yang kita akan pakai di video yang digarap. Apa saja itu? Hal tersebut seperti sound recording, sound mixing, sound library database, dan bisa juga dihubungkan dengan perangkat keras yang berhubungan dengan sound.

6. Fungsi Media

Hal ini berhubungan dengan hasil akhir dari sebuah video yang dihasilkan. Seperti syncronize audio, rendering video, organize atau pengelompokan clips berdasarkan meta datanya. Semua hal tersebut tentunya akan memudahkan kita dalam pengoperasian dari software DaVinci resolve.

7. Fungsi Collaboration

Pada fungsi collaboration ini, kita bisa mengerjakaan sebuah projek tidak hanya sendiri tapi kita bisa mengerjakannnya secara bersama dengan orang lain dalam 1 tim. Setiap orang akan mempunyai user masing – masing tapi bisa membuka project yang sama. Intinya kita bisa mempercepat pekerjaan dengan free software ini.

OS apa saja yang support DaVinci Resolve?

operating sistem yang support DaVinci Resolve

Kabar baiknya OS atau Operating System yang support atau bisa menjalankan DaVinci Resolve adalah macOS, Windows dan Linux. Ini adalah sebuah angin segar untuk orang – orang yang menggunakan operating system selain macOS dan Windows (dibaca : Linux User). Menurut saya ini adalah sebuah langkah yang bagus karena komunitas pengguna Linux juga sudah banyak di dunia ini.

DaVanci Resolve macOS Untuk macOS, Windows, Linux

Ini saatnya teman – teman untuk mencoba software gratis ini dan perlahan – lahan meninggalkan software atau aplikasi “Pak Tani”. Jika tidak sekarang maka kapan lagi teman – teman.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Semoga artikel yang saya share di blog ini berguna untuk kita semua. Oya teman – teman juga bisa share artikel ini di sosial media seperti facebook, twitter dan lain – lain. Sahabat juga bisa berkunjung di Fan Page Facebook Ikirangga dan Channel Youtube Ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here