Home Software 7Zip Sebagai Software Gratis Alternatif Winzip

7Zip Sebagai Software Gratis Alternatif Winzip

Kita mengenal ada 2 jenis software yang biasa kita pakai yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi gratis biasa disebut dengan freeware dan versi berbayar biasa disebut dengan shareware. Apa yang membedakan antara keduanya? Tentu saja dari segi harga dan juga fitur (hal ini hanya berlaku untuk shareware yang bersifat trial).

Apakah semua aplikasi yang freeware itu jelek? Jawabanya bisa iya dan bisa tidak. Mengapa? Karena ini tergantung dari pembuat aplikasi tersebut, jika dia bermaksud freeware terbatas maka akan ada fitur yang dikurangi tetapi jika memang benar – benar free maka hal tersebut tidak akan terjadi. Aplikas freeware banyak macamnya dan sering menjadi alternatif aplikasi yang berbayar, sebagai contohnya adalah 7Zip. 7Zip biasa digunakan sebagai alternatif untuk Winzip ataupun Winrar.

Sering kita merasa bingung ketika kita menemukan compress file yang berekstensi .rar atau .zip. Apa hal pertama yang terfikir dikepala kita? Saya yakin sahabat ikirangga akan langsung memikirkan tentang Winrar atau Winzip untuk membuka compress file tersebut. Padahal ada aplikasi atau software lain yang bisa menjadi alternatif kedua aplikasi atau software tersebut, kita sebut dia, 7Zip.7zip cabinet

Apa itu 7Zip?

7Zip adalah software atau aplikasi yang bersifat open source dan freeware sehingga kita bebas untuk download 7Zip dan menggunakannya, sahabat ikirangga. Apakah kita ada kewajiban untuk membayar? Jawabannya tidak ada. 7Zip berada dibawah naungan GNU LGPL licence.

Fitur – fitur apa yang dimiliki 7Zip?

Nah fitur – fitur apa saja yang bisa ditawarkan oleh 7Zip sehingga bisa membuat kita menjadikannya sebagai pengganti Winrar atau Winzip? Kita dapat melihat fitur utama yang dimiliki oleh 7Zip, seperti :

  1. Kemampuang compress file dengan ratsio yang tinggi ketika menggunakan 7z format. Hal ini disebabkan menggunakan sistem dari  LZMA and LZMA2 compression.
  2. Format yang disupport oleh 7zip adalah 1. Untuk packing dan unpacking (extract file), 7zip support untuk format  7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP and WIM. Lalu bagaimana dengan format yang bisa di extract dengan menggunakan 7zip? Format itu adalah AR, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DMG, EXT, FAT, GPT, HFS, IHEX, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, QCOW2, RAR, RPM, SquashFS, UDF, UEFI, VDI, VHD, VMDK, WIM, XAR dan Z. Jika sahabat ikirangga menemukan file dengan format seperti di atas maka bisa menggunakan 7Zip untuk melakukan extract.
  3. 7Zip melakukan klaim bahwa dengan menggunakan format ZIP dan GZIP, 7Zip mampu lebih baik dari Winzip dan PKZip. Berapa rationya? Sekitar 2 – 10% lebih baik.
  4. Strong AES-256 encryption in 7z and ZIP formats
  5. Self-extracting capability for 7z format
  6. Integration with Windows Shell
  7. Fitur lain yang ikut serta di dalam 7Zip adalah bisa digunakan sebagai File manager yang powerful, mendukung untuk command line dan tersedia plugin untuk FAR Manager.
  8. 7Zip didukung oleh 87 bahasa di dunia dan salah satunya adalah bahasa Indonesia.

Sistem operasi apa saja yang didukung oleh 7Zip?

Berbicara mengenai sistem operasi, 7Zip mendukung untuk sistem operasi Windows. Windows apa saja yang didukung? 7Zip mendukung dari Windows NT hingga Windows 10. Bisa dikatakan bahwa 7Zip mendukung sistem operasi Windows dari versi lawas hingga versi yang terbaru saat ini. Bagaimana dengan sistem operasi selain Windows? 7Zip mendukung sistem operasi Linux dengan mode command line yaitu pZip.

Sudah lengkap sekali fitur – fitur yang ditawarkan oleh 7Zip ini sehingga layak kita gunakan sebagai alternatif Winzip.

Dapatkan 7Zip di sini 

Dengan menggunakan freeware seperti 7Zip setidaknya kita telah mengurangi penggunaan aplikasi atau software tidak resmi yang ada di Windows yang kita gunakan. Dimulai dari hal yang kecil maka kita akan melakukan perubahan untuk hal yang lebih besar sahabat ikirangga.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, semoga informasi yang disajikan di blog ini bermanfaat. Sahabat ikirangga juga bisa berkunjung di fan page ikirangga. Sahabat juga bisa share supaya informasinya tidak berhenti di sahabat ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here