Home Software 5 Free Software Terbaik Untuk Scanner IP Jaringan

5 Free Software Terbaik Untuk Scanner IP Jaringan

32
0
free ip addres scanner windows

Hello teman – teman ikirangga, apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan ya. Oya ketika kita akan memeriksa sebuah jaringan pasti akan bersentuhan dengan IP address yang tersedia dan nomer IP address yang sudah belum digunakan alias free IP address. Kendalanya kita tidak mungkin untuk memeriksa satu per satu IP address yang ada di dalam gedung pada setiap komputer atau PC. Kita harus menggunakan tools yang bisa meringankan pekerjaan kita tersebut.

Dalam pengalaman ikirangga, ada beberapa tools yang dalam bentuk software atau aplikasi yang bisa kita gunakan untuk memeriksa ketersediaan IP address dalam sebuahjaringan. Jadi dengan menggunakan software ini kita tinggal memasukkan batas atas dan batas bawah dari IP address yang ada di dalam sistem jaringan.

free ip addres scanner windows

Kita bisa menggunakan software atau aplikasi yang berbayar ataupun free software. Akan ikirangga tekankan bahwa tidak semua yang free software itu jelek ya karena ada yang mempunyai kemampuan yang cukup mumpuni untuk membantu pekerjaan kita.

Beberapa software yang bisa kita gunakan secara gratis

1. Free IP Scanner

Untuk software yang pertama ini merupakan software legenda menurut saya karena hampir semua dari kita pasti pernah menggunakannya dan juga mengenalnya. Software buatan dari eusing ini mudah untuk digunakan dan portable jadi kita tidak perlu untuk install di PC. Free IP Scanner ini kompatibel untuk semua versi Windows.

Suatu hal yang membuat ikirangga suka dengan software IP Scanner ini adalah kesederhanaan dalam user interface sehingga menjadi user friendly ketika menggunakannya. Dalam hal melakukan scan, software ini cepat dan stabil.

2. Advanced IP Scanner

Software yang kedua adalah Advance IP Scanner. Software ini memiliki tampilan yang sederhana juga layaknya Free IP Scanner. Selain digunakan untuk analisa IP address yang ada di jaringan LAN, Advance IP Scanner bisa juga digunakan untuk remote jarak jauh melalui RDP dan Radmin. Software ini bisa digunakan tanpa di install alias portable.

3. Angry IP Scanner

Sepertinya untuk software atau aplikasi IP Scanner itu rata – rata bersifat portable dan berlaku untuk software yang ketiga ini, Angry IP Scanner. Jangan dilihat dari namanya ya, kita akan teringat dengan Angry Bird, Lol. Prinsip kerjanya yaitu melakukan ping setiap alamat IP untuk memeriksa apakah IP tersebut bisa digunakan atau tidak. Hal yang terpenting adalah Angry IP Scanner Free Software.

4. LanSweeper IP Scanner

Lanjut kita ke software berikutnya yaitu LanSweeper IP Scanner. Untuk tampilannya agak lebih complex dibandingan 3 software sebelumnya. Untuk Lan Sweeper ini mempunyai banyak tools yang bisa kita gunakan. Untuk secara singkatnya fitur yang dia punya seperti memindai rentang IP secara otomatis atau sesuai permintaan kita sebagai usernya, bisa digunakan untuk menemukan kembali seluruh subnet hanya dengan satu klik, lalu hasil dari fungsi itu semua bisa di konversikan ke dalam bentuk CSV.

5. Nmap

Yang terakhir adalah Nmap yang merupakan kependekan dari Network Mapper. Nmap biasanya digunakan untuk scan security pada pekerjaan IT. Software networking ini bisa juga digunakan untuk remote dari jarak jauh untuk komputer clientnya. Selain itu, Nmap juga berguna untuk melakukan scan IP address, deteksi sistem operasi apa yang dipakai oleh komputer client, system security apa yang mereka jalankan dan firewall apa yang komputer client gunakan juga bisa dideteksi oleh Nmap.

Sudah 5 free software IP Scanner yang ikirangga bagikan ke teman – teman semua. Dari 5 free software ini akan menjadi referensi untuk menggunakannya dalam pekerjaan sehari. Dicoba satu per satu dan tentukan mana yang terbaik, terefisien dan menyatu dengan hatimu. Tentukan pilihanmu.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here