Home Software Online 5 Aplikasi Online Untuk Convert File PDF Secara Gratis

5 Aplikasi Online Untuk Convert File PDF Secara Gratis

Selain Microsoft Office, ada 1 jenis dokumen lagi yang sering digunakan oleh orang di seluruh dunia. Apakah nama dokumen tersebut? Nama jenis dokumen tersebut adalah Portable Document Format atau sering disingkat dengan PDF.

PDF dibuat oleh perusahaan Adobe pada tahun 1993 dan sebagai aplikasi yang bisa membaca jenis dokumen PDF ini adobe merilis aplikasi yang bernama Adobe PDF Reader. Pada awal mulanya aplikasi ini tidak dirilis secara gratis oleh Adobe. Ketika penggunaan jenis dokumen PDF ini berkembang pesat dalam penggunaannya, Adobe merilisnya dalam versi gratis untuk Adobe Readernya.

Antar muka yang digunakan oleh PDF adalah menggabungkan atau kombinasi antara teks, grafik vector dan grafik raster. Pada awal kemunculannya PDF belum terintegrasi untuk hyperlink atau link yang berbasiskan web tapi sekarang fitur – fitur yang tertanam di dalam PDF sudah lengkap seperti hyperlink, forms, javascript dan beberapa kemampuan lain dengan penambahan plugin untuk bisa menjalankan fitur – fitur tersebut serta dokumen PDF bisa menampilkan grafik 3 Dimensi.

Bagaimana cara kita membentuk dokumen PDF?

Dokumen PDF bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, misalnya dari tulisan yang telah kita buat sebelumnya di Microsoft Word lalu convert menjadi dokumen PDF atau file lain seperti gambar pun bisa kita convert menjadi jenis dokumen PDF. Tujuan penggunaan file PDF ini adalah untuk mendapatkan hasil yang bagus dengan ukuran file dokumen yang tidak terlalu besar atau bisa kita bilang kecil ukurannya. Bisa kita bandingkan 1 file Microsoft Word 95 halaman dengan file dokumen PDF 95 halaman juga, kita akan lihat perbedaan ukuran file diantara keduanya.

Ada banyak aplikasi yang bisa untuk convert dokumen pdf seperti Adobe PDF Professional, Foxit Panthom, Nitro PDF dan masih banyak lagi. Tapi semua aplikasi tersebut berbayar jika ada dana lebih bagus untuk membelinya dan ikirangga sarankan jangan pernah menggunakan aplikasi bajakan ya teman – teman. Berarti harus bayar ya jika kita ingin convert dokumen pdf dari Microsoft Word atau Picture?  Ada beberapa aplikasi online yang menyediakan untuk convert dokumen pdf secara gratis. Kelebihannya apa?? Selain gratis untuk digunakan, aplikasi ini tidak harus kita install di komputer, laptop ataupun macbook pro. Mengapa? Karena aplikasi converter pdf ini berjalan langsung di browser kita ketika online dan ketika ingin menggunakan converter pdf tersebut.

5 Aplikasi Online Untuk Convert File PDF Secara Gratis

1. Free PDF Convertconverter pdf 1

Aplikasi yang pertama ini bernama Free PDF Convert, kita akan tahu ketika melihat namanya ada pdf convertnya. Dengan menggunakan aplikasi Free PDF Convert kita bisa menggunakan fitur yang lainnya seperti menggabungkan PDF yang sudah ada ataupun memecahnya. Jika dianggap ukuran dokumen PDF dirasa masih terlalu besar kita bisa menggunakan compress PDF untuk mengurangi ukurannya.

2. Soda PDFconvert pdf 2

Kita beraih ke aplikasi pdf converter yang kedua yaitu Soda PDF. Sama seperti Free PDF Converter yang berfungsi untuk convert file Microsoft Word, Picture atau file yang lainnya menjadi PDF. Dengan menggunakan aplikasi Soda PDF ini kita bisa menggabungkan 2 file PDF atau lebih menjadi 1 file PDF. Aplikasi ini bisa menjadi alternative untuk pdf converter yang bisa teman – teman gunakan.

3. I Love PDF

Aplikasi online converter pdf yang lainnya adalah I Love PDF. Ikirangga pertama kalo melihatnya langsung jatuh cinta (:D). Ini adalah aplikasi ketiga teman – teman ikirangga. I love PDF menawarkan fitur – fitur sebagai converter pdf. Kita bisa melakukan convert pdf atau sebaliknya dari pdf menjadi salah satu dokumen microsoft office seperti PDF to Word atau PDF to Powerpoint. Selain digunakan untuk convert pdf, kita juga bisa menggunakannya untuk merge atau menggabungkan 2 file atau lebig file pdf menjadi 1 file pdf saja tentu saja dengan ukuran yang tidak besar.

4. PDF2GO

Aplikasi yang keempat bernama PDF2GO, dengan menggnakan aplikasi ini kita bisa juga mengubah atau convert pdf yang berasal dari Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint) menjadi file PDF. Untuk sumber filenya bisa kita upload langsung dari komputer kita atau jika teman – teman sudah punya file yang berasal dari Google Drive atau Dropbox bisa langsung dimasukkan ke PDF2GO untuk diconvert sesuai keinginan.

5. To PDF

Aplikasi yang terakhir adalah To PDF. Sama seperti 4 aplikasi sebelumnya, To PDF menwarkan fitur untuk convert pdf dari file atau dokumen yang bukan PDF menjadi PDF. Di tampilan antar mukanya kita bisa melihat file atau dokumen apa saja yang didukung untuk diconvert menjadi PDF. Ada sebuah peringatan dibagian bawah bahwa file yang telah kita upload untuk di ubah menjadi PDF akan dihapus setelah 1 jam. Ini mungkin karena yang pakai banyak ya jadi untuk menghemat space dari aplikasi To PDF ini.

Teman – teman ikirangga bisa mencoba satu per satu aplikasi tersebut dan putuskan mana yang terbaik untuk dipakai oleh teman – teman dan tentu saja mana saja yang memiliki fitur – fitur yang dibutuhkan.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here