Home Software Android 4 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk Android

4 Aplikasi File Manager Terbaik Untuk Android

logo file manager

Selain aplikasi camera, aplikasi office, aplikasi antivirus, aplikasi messeging dan masih ada beberapa aplikasi yang penting untuk smartphone android. Apakah salah satu dari aplikasi lainnya tersebut?

Penasarankah dengan aplikasi lainnya itu?? Oya sahabat jika kita ingin mengakses file yang ada di internal storage dan external, sahabat dan saya pakai aplikasi apa? Mmm…. Benar sahabat, kita membutuhkan sebuah aplikasi file manager. Lho kan kita sudah mempunyai aplikasi file manager bawaan dari smartphone, mas Rangga. Benar kita sudah mempunyai aplikasi file manager bawaan tapi akan lebih ampuh jika kita menggunakan aplikasi file manager pihak ketiga. Tentu saja dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Apakah aplikasi file manager?

File manager adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan akses ke internal storage ataupun external storage. Apa yang bisa kita lakukan ketika bisa mengaksesnya? Kita bisa menambahkan atau mengurangi folder atau menambah folder atau kita bisa mengatur file – file yang ada di smartphone android milik kita.

Aplikasi file manager apa yang wajib?

1. File Commander

Aplikasi android yang pertama adalah File Commander. Saya suka ketika menggunakan aplikasi ini karena kita bisa mengakses internal dan external storage dengan menggunakan IP Address. Menggunakan File Commander tidak perlu dalam keadaan smartphone android dalam keadaan root.

2. Root Explorer

Aplikasi yang kedua ini adalah Root Explorer. Ini adalah salah satu aplikasi android terbaik untuk aplikasi file manager. Nah sahabat, bisa kita lihat dari namanya bahwa untuk menggunakan aplikasi ini secara optimal jika kita dalam keadaan di root. Mengapa saya katakan demikian? Karena dengan menggunakan Root Explorer kita bisa membedah lebih dalam sisi terdalam dari Android, misal mengubah mode read only menjadi mode read and write.

3. Asus File Manager

Jika mendengar kata Asus maka akan teringat dengan salah satu merek smartphone android dan laptop. Ya benar sekali, Asus adalah merk dari 2 jenis barang tersebut. Di smartphone androidnya, Asus menggunakan file manager ini tetapi Asus membebaskan file manager ini di Play Store. Mengapa mereka membeaskan aplikasi ini ya? Mungkin supaya namanya terkenal tanpa harus promosi yang banyak biaya. Dari segi tampilan file manager ini sederhana dan kaya fitur. Kita akan disuguhkan tampilan yang menarik untuk storage yang masih tersisa atapun yang sudah terpakai dalam diagram Donut.

4. Files by Google

Aplikasi ini adalah file manager kepunyaan Google. Ketika saya mencoba aplikasi ini di Xiaomi Redmi 2 dengan custom rom 8.1.0 (Android Oreo). Apa yang saya rasakan ketika menggunakan Files by Google? Aplikasi ini ringan untuk digunakan pada smartphone android yang mempunyai kapasitas RAM yang tidak besar.

Nah sahabat bisa pilih 1 dari 4 file manager ini, manakah yang sesuai dengan kebutuhan sahabat ikirangga? Caranya bagaimana? Sahabat bisa coba satu per satu 4 aplikasi file manager smartphone android ini.

Terima kasih sahabat sudah berkunjung di blog ikirangga. Semoga artikel di blog ini berguna untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here