6 browser android yang sering digunakan

Di jaman sekarang ini, kegiatan browsing bukan hanya milik desktop user saja. Smartphone juga mendominasi terutama Android dan setidaknya ada 6 browser yang sering digunakan di android. Browser tersebut digunakan dengan berbagai alasan selain dari kenyamanan penggunanya.

Begitu banyak browser android yang telah dibuat oleh berbagai macam developer tapi menurut saya hanya 6 ini yang membuat saya nyaman menggunakannya tapi bukan berarti browser yang lain tidak bagus. Browser yang akan saya bahas ini memenuhi kebutuhan kita sebagai pengguna seperti download, interface yang bagus, ringan, fitur yang lengkap dan beberapa kelebihan yang lainnya.

  1. Chrome
  2. UC Browser
  3. Firefox Rocket
  4. Aloha
  5. Opera Mini
  6. Orbot : Proxy with Tor

Chrome

Merupakan aplikasi bawaan dari bundling software google yang kita dapatkan ketika mendapatkan paketan android dari pabrikan, misal ketika kita membeli smartphone xiaomi maka otomatis kita mendapatkan browser google chrome. Menggunakan chrome sebagai browser sehari – hari menurut saya nyaman karena memang kita sudah terbiasa dengan Google Chrome versi desktop dan secara account google sudah terhubung semuanya android, google chrome desktop dan google chrome mobile. Kecepatannya juga stabil untuk browsing.

UC Browser

Browser yang sering digunakan berikutnya adalah UC Browser. Ini merupakan browser pihak ketika selain dari Google Chrome dan produl dari UC Web. Fitur yang di andalkan dari android browser ini adalah download booster, video online dan adblock yang berfungsi untuk melakukan blokir terhadap iklan – iklan yang mengganggu ketika sedang browsing.

Firefox Rocket

Browser android yang sering digunakan urutan ketiga adalah Firefox Rocket. Browser ini adalah persembahan firefox untuk Indonesia karena khusus di rilis untuk pasar Indonesia. Browser ini dirilis bersamaan dengan Firefox Quantum.

Aloha browser

Ini merupakan browser ke empat yang sering digunakan di Android. Saya akui bahwa saya jarang mendengar nama Aloha Browser tapi kita jangan pandang sebelah mata nama yang tidak familiar menurut kita. Browser ini sering digunakan karena adanya fitur VPN yang unlimited sehingga dijamin ketika kita melakukan browsing menggunakan android, kita akan merasa aman karena fitur VPN ini. Selain VPN, ada juga fitur AdBlock, Download Manager dan VR Player yang sekarang ini belum banyak digunakan oleh browser – browser yang beredar.

Opera Mini

Browser yang ke lima ini adalah Opera Mini. Siapa sih yang tidak kenal dengan Opera? Dari sejak menggunakan handphone symbian sampai dengan sekarang masih tetap eksis. Nah untuk opera mini ini memang yang paling sering digunakan di Android karena ringan untuk ukurannya dan juga ringan untuk browsing. Apa saja yang fitur yang ditawarkan oleh Opera Mini untuk pengguna android? Ada fitur untuk menghemat penggunaan data dan blokir iklan. Nampaknya blokir iklan menjadi andalan browser mobile untuk membuat nyaman penggunanya ketika berselancar ke website yang dibanjiri dengan iklan yang banyak.

Orbot : Proxy with Tor

Browser berikutnya adalah Orbot : Proxy with Tor, yang merupakan browser ke 6 yang sering digunakan di android. Browser ini adalah salah satu project dari Tor Browser yang tetap menggunakan keunggulan Tor browser dalam memanjakan penggunanya. Fitur yang menjadi andalan adalah Privacy Browser. Apa yang dimaksud dengan hal ini? Browser ini mengedepankan masalah privacy penggunanya dengan menggunakan VPN.

Sekian dari saya tentang 6 browser android yang sering digunakan, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.