5 Aplikasi dari Android Go yang terasa ringan di androidmu

Tadi saya lagi ngobrol dengan salah satu rekan kerja di kantor, membicarakan tentang Android. Android adalah topik yang bagus untuk menjadi pembicaraan dan obrolan, kenapa? Karena Android memang sistem operasi smartphone yang bisa dimodifikasi dengan berbagai macam versi. Saya tadi lupa obrolan berlanjut menjadi membicarakan tentang Android Go. Sebentar saya ingat-ingat terlebih dahulu ya.

Oya tadi kami mengobrolkan tentang smartphone dengan RAM yang tidak lebih dari 1 GB tapi bisa menjalankan Android, saya cari – cari tentang hal tersebut. Ternyata jawabannya adalah Android Go dan tentunya aplikasi yang digunakan digunakan di Android ini telah disesuaikan. Saya ingin mencoba aplikasi tersebut di smartphone android saya yang mempunyai RAM 1 GB dan saya berharap bahwa aplikasi ini membuatnya lebih ringan dalam penggunaan sehari-hari. Ada 5 aplikasi Android GO yang menurut saya bisa kita gunakan untuk di smartphone kita. Saya yakin bisa karena saya telah menggunakannya, yaitu Gmail GO, Google GO, Youtube GO, Files GO dan Maps GO. Sepertinya Google telah berkomitmen supaya aplikasi – aplikasi ini bisa berjalan di semua smartphone yang di RAM 1 GB ataupun lebih. Jika teman – teman ada yang punya RAM lebih dari1 GB tetap bisa menggunakannya, lumayan kan hemat space di memory cardnya :D.

  1. Gmail Go merupakan versi lite dari Gmail yang sudah ada. Apa saja yang didapat dari Gmail Go ini? Pertama tentu saja inbox yang keren dan langsung dikategorikan menurut abjad sehingga rapi dan e-mail yang berupa sosial media dan promosi akan dimasukan di kategori yang berbeda. Spam akan berkurang karena Gmail Go memblokir spam sebelum sampai ke kotak masuk. Untuk kotak penyimpanan akan mendapatkan secara gratis sebesar.
  2. Google Go merupakan versi lite dari Google yang berguna untuk menikmati, mencari dan sharing sesuatu dengan lebih cepat. Aplikasi ini memang diperuntukan untuk smartphone yang berjalan dengan ram 1 GB atau kurang sehingga dari segi ukuran pun tidak besar dan hanya kurang dari 5 MB saja.
  3. Youtube Go merupakan versi lite dari aplikasi Youtube yang reguler dan bisa disebut sebagai aplikasi Youtube yang simpel. Mengapa? Di Youtube Go ini kita bisa melakukan kontrol terhadap kuota internet kita dengan cara memilih versi video yang akan kita tonton. Lalu akan ada pilihan download atau tonton secara online. Jika kita ingin menonton video tersebut secara berulang kali maka kita bisa memilih untuk download. Nah ini mungkin yang menjawab untuk bisa download video secara legal. Jika sudah didownload tentunya kita bisa membagikan ke teman, saudara, tetangga, dan kesemuanya tanpa memakai kuota internet, cukup pakai flashdisk saja :D.
  4. Files Go merupakan aplikasi buatan Google yang bertujuan untuk mengelola penyimpanan di smartphone android kita. Yang baru dari Files Go ini adalah kita akan diberikan saran yang berguna untuk mempertahankan performance smartphone sehingga diusahakan untuk tidak mengalami lag serta bisa menghapus hal – hal yang tidak penting seperti cache, file yang terduplikat, file photo lama dan hal – hal yang mengganggu performance. File yang telah diakses tersebut, bisa kita kirimkan secara offline.
  5. Maps Go merupakan salah satu produk terbaru untuk mendukung Project Android Go, secara fungsi sama seperti Google Maps tapi untuk bisa mengaksesnya kita membutuhkan Chrome dan menjadi versi lite dari Google Maps yang “sesungguhnya”. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini kita akan mempunyai jembatan ketika jaringan tidak stabil dan smartphone kita hanya mempunyai RAM 1 GB atau kurang. Jangan khawatir karena secara fitur semua sama seperti yang versi sesungguhnya.

Sekian dari saya tentang 5 Aplikasi dari Android Go yang terasa ringan di androidmu, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.