Software Blender untuk animasi 3D

Desain grafis adalah salah satu dari satu ilmu yang dipakai orang untuk mengolah citra grafis, bisa dengan mengolah photo yang sudah ada ataupun membuat sebuah karya baru seperti logo, x banner, spanduk dan lain – lain. Selain dari gambar yang tampak 2 dimensi seperti contoh yang telah saya sampaikan di atas, ada juga gambar yang berbentuk 3 Dimensi ( 3D ).

Software ini adalah Blender, yang bersifat open source. Wah keren ya, software yang bisa kita gunakan untuk membuat 3D modeling tapi free dan open source. Seperti yang kita tahu bahwa software lain yang sejenis, bagaimana dengan dukungannya? Seperti halnya dengan software free dan open source, blender ini berdasarkan komunitas untuk dukungannya alias akan di selesaikan secara bersama – sama untuk masalah yang timbul atau jika ada yang ingin bertanya – tanya.

Yang menariknya lagi, Blender tersedia untuk multi platform yaitu MacOS, Linux dan Windows. Jadi kita bisa menggunakannya di semua ekosistem yang ada, yang cocok untuk menggunakannya adalah skala perorangan dan studio yang masih kecil ya, bagaimana dengan yang sifatnya sudah komersil? ternyata Blender membebaskan juga untuk menggunakannya.

Beberapa Fitur yang hadir di dalam Blender sehingga dapat digunakan secara maksimal oleh pengguna yang menggunakann software ini :

  1. Rendering
  2. Modeling
  3. Animation
  4. VFX
  5. Simulation
  6. Pipeline
  7. Game Creation
  8. Video Editing
  9. Scripting
  10. Customize

Selain dari segudang fitur yang saya sebutkan di atas, Blender merupakan software yang bebas untuk digunakan oleh siapa pun dan juga bersifat open source.

Download Blender

Sekian dari saya tentang Software Blender untuk animasi 3D, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.