Diskmaker X untuk membuat installer MacOS

Seperti halnya membuat installer usb drive di Windows, MacOS tidak menyediakan lagi installer bentuk DVD dalam paketannya. Installer diberikan Apple dalam bentuk softcopy yang bisa kita download di App Store. Ok itu adalah sesuatu yang dibuat praktis, jadi kita tinggal download saja lalu lakukan klik 2 kali lalu jalanlah installer tersebut dan dalam beberapa menit kita sudah bisa menikmati update dari installer dengan OS jenis terbaru .

Jika hal tersebut berjalan lancar maka akan baik – baik saja. Pertanyaannya bagaimana jika suatu saat hardisk kita rusak dan harus melakukan install ke toko atau orang yang mengerti hal tersebut. Selain masalah uang, juga masalah efisien waktu untuk melakukan sendiri.

Akan timbul lagi pertanyaan yang lain bagaimana caranya atau apakah ada software yang membantunya menjadi mudah? Seandainya ada tentu akan lebih mudah, walaupun ada cara manual untuk membuatnya, hahaha….

Saya akan memberitahukan untuk software apa yang bisa kita gunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut. Software tersebut bernama Diskmaker X, sangat mudah digunakan dan tidak ribet. MacOS tipe apa saja yang di support oleh DiskmakerX ini?

  • Maverick
  • Lion
  • Mountain Lion
  • Yosemite
  • El Capitan
  • Sierra
  • High Sierra

List di atas adalah MacOS yang telah compatible dengan DiskmakerX sehingga teman – teman bisa mempermudah dalam rangka membuat installer dalam bentuk Flash Drive. Saya sudah mencobanya dari mulai Lion hingga MacOS terakhir.

Sekian dari saya tentang Diskmaker X untuk membuat installer MacOS, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.