6 alternatif browser selain chrome, firefox, dan internet explorer

Dunia internet itu adalah tempat kedua setelah dunia nyata yang menjadi pilihan orang untuk beraktifitas, bekerja, bermain atau bahkan bersenda gurau dengan teman – teman yang jauh serta mencari informasi. Nah ini yang terakhir yaitu untuk mencari informasi dengan istilah kerennya adalah browsing. Apa yang ada dibenak kita semua? Dengan apa kita melakukan itu semua? Pasti dengan satu kata yaitu browser. Browser yang ada dihati kita semua yaitu Chrome dari Google, Firefox dari Mozila, Internet dan Edge dari Microsoft. Yap benar sekali, itu adalah nama – nama browser yang selama ini biasa kita gunakan dan terkenal.

Sebenarnya selain dari browser yang telah kita tuliskan di atas, masih ada beberapa browser alternatif yang bisa kita gunakan untuk menjelajah dunia internet ini dan mencari informasi. Jadi jangan tutup hati kita untuk mencoba browser baru yang memang terdengan asing di telinga dan hati kita :D.


Baiklah browser apa saja yang dapat kita gunakan selain dari browser yang sudah terkenal itu? Ayo kita bahas satu persatu di sini.

  1. Vivaldi adalah browser pertama yang akan kita bahas kali ini. Browser ini menggunakan chrome sebagai base engine untuk membangun browser ini. Ada 3 platform yang bisa menjalankan browser vivaldi yaitu MacOS, Windows dan Linux. Walaupun basenya menggunakan chrome tapi secara tampilan Vivaldi memiliki user interface yang berbeda dari Chrome seperti pilihan tema yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna lalu terdapat speed connection di bagian alamat browser, selanjutnya memiliki fitur lainnya seperti mouse gestures dan keyboard shortcuts, saved tab sessions, tab stacks, user interface scaling, dan adaptive interface colors. Walaupun mengunakan fitur yang berbeda dari “induknya”, Vivaldi tetapi masih bisa menggunakan extentions dari Chrome.
  2. Yandex adalah browser kedua yang akan kita bahas. Browser yang satu ini merupakan browser yang dikembangkan oleh mesin pencari dari rusia, Yandex. Fitur yang disertakan adalah Kasperksy, software anti virus yang dikembangkan di Rusia, lalu ada lagi fitur turbo mode yang akan aktif ketika koneksi mulai melambat. Fitur ini melakukan kompress data sehingga dapat membuka halaman dengan lebih cepat. Yandex juga mendukung untuk multiplatfom yaitu MacOS, Windows, Linux, Smartphone dan tablet.
  3. Maxthon adalah browser yang datang dengan fitur cloud-based account, yang disebut dengan Passport, di mana akan sinkron data yang telah ada di maxthon. Apa yang dimaksud dengan sinkron ini? Jadi jika kita membuka maxthon di beda device dengan menggunakan akun maxthon yang sama maka data tersebut akan bisa diakses dengan keadaan yang sama juga.Selain fitur di atas, maxthon sudah disertakan beberapa aplikasi seperti RSS reader, notepad, password manager, a virtual email mailbox service yangdisebut dengan UUMail dan AdBlock Plus.Maxthon bisa berjalan dibeberapa platform seperti MacOS, Windows, iOS, Android, 
  4. UC Browser merupakan browser yang bermain di platform mobile, untuk platform desktop hanya tersedia di Windows saja dan untuk paltform mobile yaitu Android dan iOS. Fitur yang tersedia di browser ini seperti night mode, dan yang saya suka adalah fitur turbo download sehingga membuat kecepatan download menjadi lebih cepat.
  5. Opera Neon merupakan salah satu produk dari Opera sebagai browser masa depan serta tampilannya yang bersih dan tidak banyak aksesoris.
  6. Torch Browser adalah browser terakhir yang akan kita ulas di hari ini. Torch ini browser yang fokus ke media dan games. Salah satu fitur yang tidak dipunyai oleh browser lain adalah fitur torrent downloader ( Torch Torrent ). Jadi jika kita mau donwload sesuatu di torrent dan tidak ingin software tambahan maka Torch Browser ini bisa menjadi pilihan juga. Oya ada juga fitur yang menurut saya agak tidak bagus untuk legalitas yaitu fitur download video dari youtube dan vimeo ( Media Graber ) tapi itu semua kembali ke keputusan teman – teman. Fitur yang lainnya seperti Torch Music, Torch Player, Torch Games dan Torch Facelift.

Sekian dari saya tentang 6 alternatif browser selain chrome, firefox, dan internet explorer, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.