5 software alternative internet download manager

Jika kita ingat internet maka kita akan ingat dengan kata – kata “Download”. Jika ingat kata – kata itu maka kita akan ingat dengan software Internet Download Manager atau kita singkat dengan IDM. Internet Download Manager adalah software yang sangat berguna, pertama kali saya mencobanya langsung jatuh cinta dan terus menggunakannya hingga sekarang. Berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk “meminang” IDM ini? Saya baru saja lihat diwebsitenya yaitu $11.95/year per PC dan $24.95 untuk lifetime lisensi. Jika kita ada dana lebih dan bisa dialokasi untuk membeli lisensi tidak apa – apa dan itu lebih bagus daripada kita menggunakan bajakan.

Bagaimana dengan yang belum ada dana? Alangkah baiknya kita menggunakan yang free software terlebih dahulu. Ada beberapa software/aplikasi yang mempunyai fungsi yang sama dengan Internet Download Manager dan bisa gunakan sebagai alternative software.

  1. JDownloader
  2. Eagleget
  3. Xtreme Download Manager
  4. Free Download Manager
  5. Internet Download Accelerator

JDownloader

Kita masuk ke donwload manager yang pertama yaitu JDownloader. Software ini merupakan free dan open source sehingga didukung oeh komunitas yang besar. Fitur yang disajikan oleh JDownloader ini mirip seperti Internet Download Manager seperti start, stop atau pause file download dan juga bisa memberika batas limit bandwith. Software ini support untuk Windows, MacOS, Linux dan sistem operasi yang lainnya.

Eagleget

Software download manager yang kedua adalah Eagleget. Sofware ini merupakan free software untuk donwload manager. Secara fitur, eagleget mendukung untuk accelerate donwload dengan teknologi multithread, download file dengan menggunakan browser ( Chrome, IE, Firefox and Opera ) bisa dengan 1 kali klik,  bisa mengelompokan jenis file download ke dalam folder yang berbeda, misal download file bentuk software dan file bentuk dokumen, akan ditempatkan pada folder yang berbeda, didukung oleh lebih dari 30 bahasa dan masih banyak lagi fitur yang bisa kita coba dan tidak kalah dengan versi berbayar Internet Download manager. Untuk Eagleget ini hanya support untuk sistem operasi Windows saja dan Download Eagleget dari website resminya.

Xtreme Download Manager

Xtreme Download Manager adalah software yang ketiga. Secara tampilan mirip dengan Internet Download Manager tapi menggunakan warna hitam untuk tampilannya. Dengan menggunakan Xtreme Download Manager, mereka meng-claim bahwa kecepatan download akan mencapai sampai dengan 500%. Amazing ya berarti kecepatan downloadnya melebihi IDM ya. Selain sebagai download manager, software ini bisa digunakan untuk donwload video di Youtube, Facebook, Vimeo dan website streming lainnya. Xtreme Download Manager bisa di download di website resminya. Sistem operasi yang support untuk Xtreme Download Manager antara lain Windows, Linux ( 32bit dan 64 bit ), dan MacOS.

Free Download Manager

Software yang ke-empat adalah Free Download Manager. Software ini kompatibel dengan Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Internet Explorer and Safari. Fitur dari software ini antara lain support Windows dan MacOS, user friendly untuk tampilan free download manager, bisa download video dari website streamer, support untuk download torrent dan support untuk proxy. Selain itu kita bisa resume broken download ketika proses donwload tertunda dan tidak harus memulai dari awal lagi.

Internet Download Accelerator

 

Download manager yang terakhir adalah Internet Download Accelerator. Untuk Internet Download Accelerator, namanya mirip dengan Internet Download Manager ya :D. Software ini merupakan solusi download manager gratis yang mumpuni, mengapa? Karena kita akan dihadapkan pada fitur – fitur yang tidak kalah dengan versi berbayar seperti resuming broken download, speed dan file download management. Kita bisa download internet download accelerator langsung dari website resminya.

Ternyata banyak juga ya alternative untuk download manager ya :D. Mulai sekarang kita harus membuka mata dan telinga untuk software – software alternative selain dari software yang berbayar tapi jika kita mempunyai dana boleh lah kita membeli software berbayar ataupun berdonasi untuk software yang free untuk kemajuan software tersebut.

Sekian dari saya tentang 5 software alternative internet download manager, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.