5 pdf viewer ringan dan terbaik untuk digunakan

PDF ( Portable Document Format ) adalah salah satu jenis documen yang banyak digunakan saat ini. Mengapa? Karena tampilannya yang sederhana, portable dan tidak besar sehingga ringan untuk dibuka. PDF pertama kali diperkenalkan oleh Adobe  dengan perangkat untuk membacanya Adobe Reader dan hanya satu – satunya pada saat itu.

Tidak seperti file document dalam format Word, PDF tidak bisa edit lagi dokumennya secara langsung karena dalam bentuk PDF ini sudah dalam bentuk yang fix dan mungkin sudah dalam beberapa kali revisi untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

Bagaimana cara kita membaca document dalam bentuk PDF ini? Sekarang sudah ada beberapa software/aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membaca PDF seperti :

  1. Adobe Acrobat Reader DC
  2. Foxit Reader
  3. Nitro PDF Reader
  4. Expert PDF Reader
  5. Sumatera PDF Reader

Adobe Acrobat Reader DC – Harga : $0 ( Free )

Adobe merupakan perusahaan yang mengenalkan format PDF pertama kali di dunia ini. Mereka memperkenalkan PDF ini dengan menyertakan software/aplikasi untuk membacanya dan Adobe Reader adalah PDF Viewer yang pertama. Adobe Acrobat Reader DC adalah versi gratis Adobe Acrobat Pro yang tentu saja fiturnya hanya sebagai pembaca PDF saja. Software ini sudah banyak mengalam perkembangan sejak pertama kali rilis hingga sekarang. Kita bisa langsung mendapatkannya langsung di website Adobe atau jika bingung searching langsung di google maka akan di arahkan ke link download Adobe Acrobat Reader DC dan tersedia untuk Windows & MacOS.

Foxit Reader – Harga : $0 ( Free )

PDF reader yang kedua adalah Foxit Reader yang dibuat oleh Foxit Software. Software ini juga terkenal karena ringan dalam proses pembacaan dokumen PDF. Saya sangat merekomendasikan untuk pemakaian harian karena saya juga sudah menggunakan foxit reader ini sejak 2009. User Interface yang ditawarkan Foxit Reader mirip seperti microsoft word sehingga kita mudah untuk terbiasa dengan tampilannya. Oya mereka juga membuatnya dalam bentuk tab untuk setiap dokumen pdf yang di buka sehingga kita tidak disibukkan dengan banyaknya file yang terbuka. Sistem operasi yang didukung oleh Foxit : Windows ( Windows xp, Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 ), MacOS.

Nitro PDF Reader – Harga : $159

PDF Reader yang ketiga adalah Nitro PDF Reader dan merupakan software berbayar. Ya walaupun berbayar, Nitro PDF banyak digunakan oleh orang karena kemudahan dan software yang ringan untuk digunakan. Mengapa? Karena resource yang diperlukan untuk install Nitro PDF tergolong kecil. Tidak hanya sebagai reader, Nitro PDF juga berfungsi sebagai converter dari Microsoft Office ( Word dan Powerpoint ) menjadi file PDF.

PDF Expert – Harga : $0 ( Free )

Untuk PDF Reader yang ke-4 adalah PDF Expert. Dengan logo mata seolah – olah dengan menggunakan PDF Expert kita bisa melihat semua isi dokumen PDF. Selain ringan dan mudah untuk digunakan, PDF Reader ini bisa menjadi converter dari Microsoft Office ( Word & Powerpoint ) menjadi bentuk dokumen pdf seperti layaknya Nitro PDF Reader. PDF Expert hadir untuk Windows dan MacOS.

Sumatra PDF – Harga : $0 ( Free )

PDF Reader yang kelima adalah Sumatera PDF. Software PDF Reader yang berukuran kecil ini tidak sekecil ukurannya karena memiliki fungsi yang sangat berguna untuk kebutuhan sehari – hari dalam membaca dokumen pdf. Untuk tampilannya sederhana, sekilas mirip dengan adobe reader. Jika kita sudah nyaman dengan sumatra pdf ini, kita bisa membawanya dalam bentuk portable karena selain dalam bentuk installer, tersedia dalam bentuk portable software. Kemampuannya juga tidak sebatas PDF Reader saja dan ada kemampuan lain yaitu bisa membaca format dokumen lain seperti eBook (ePub,Mobi), XPS, DjVu, CHM, Comic Book (CBZ and CBR) reader di Windows. Sumatra PDF hanya hadir untuk Windows saja.

Sekian dari saya tentang 5 pdf viewer ringan dan terbaik untuk digunakan, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.