3 VPN yang wajib dicoba untuk keamanan

Menyembunyikan identitas IP addres terkadang perlu kita lakukan dengan cara memakai IP address dari negara lain. Bagaimana cara? Seperti yang telah saya bahas di tentang cara membuka website yang terblokir. Di tulisan tersebut saya lebih menggunakan VPN yang hanya melekat pada salah satu browser yang kita gunakan saja. Jadi apa itu? Jadi jika kita mengggunakan browser lain yang tidak menggunakan plugin tersebut ( saya menggunakan SetupVPN dalam hal ini ) maka IP yang kita gunakan sekarang tetap memakai IP yang berasal dari negara kita ini.

Repot ya kita harus install satu per satu browser dengan plugin tersebut, semua itu ada plu dan minusnya. Plusnya : kita bisa mengakses dari browser lain jika memang tidak butuh memakai VPN dan dalam artian tidak terikat dengan jaringan secara keseluruhan. Minusnya : kita harus install satu per satu browser dengan plugin tersebut.

Dari tadi sudah muter – muter intinya saya ingin mengajak teman – teman untuk menggunakan full by system menggunakan VPN dan secara keseluruhan aktivitas kita di VPN. Ada 3 VPN yang saya pernah coba dan menurut saya bagus untuk digunakan dan wajib dicoba.

A. Hide.me

Ini adalah VPN dalam bentuk desktop dan kebetulan di MacOS saya cobanya. Pertama kali saya kira ini VPN yang berupa browser proxy jika dilihat dari namanya dan ternyata dalam bentuk software. Ada 3 jenis akun yang kita bisa pilih untuk Hide.me ini yaitu : akun free, Premium dan Plus. Sebetulnya untuk kebutuhan yang tidak terlalu wajib sekali, kita bisa menggunakan saya akun yang bersifat free. Dengan akun ini pun, kita sudah mendapatkan 2GB data transfer dan 3 posisi server yang bisa di pilih,  menurut saya sudah cukup.

Cara menggunaannya pun simple saja, kita buat akun lalu download softwarenya dan login, pasang pada posisi ON lalu kita berjalan di mode VPN.

B. Windscribe

Ini adalah software VPN yang kedua setelah Hide.me yang sudah saya coba dan pakai saat ini.  Fasilitas yang didapatkan untuk free akun adalah sebesar 10 GB/month ( itu jumlah yang besar sekali ya jika di analogikan sebagai paket data internet untuk 1 bulan ),  dengan 11 lokasi server negara yang dapat kita gunakan untuk hide IP address kita yang sebenarnya.

Untuk yang versi berbayar ada yang bulanan sebesar $9 dan tahunan dengan biaya tahunan sebesar $49, tentu saja dengan fasilitas yang lebih lagi dan semuanya serba unlimited dan hanya waktunya saja yang tidak unlimited .

C. Tunnel Bear

Yang ketiga adalah Tunnel Bear. Kita akan berselancar dengan aman dengan perlindungan dari Bear ( =dibaca beruang ). Sama seperti yang lainnya, saya mulai dari akun free, apa saja yang didapat? Fasilitas berupa 500 MB/Month tapi kita bisa mendapatkan secara gratis sebesar 1000 MB dengan cara melakukan tweet di akun twitter kita.

Untuk paket yang unlimited tentu hadir dengan 2 paket Giant ( bulanan ) dan Grizzly ( tahunan ).

Menurut pendapat saya jika kita memakai akun yang free dengan intensitas pemakaian yang tidak terlalu besar, masih mumpuni dengan nilai gratisan yang sebesar 1000 MB.

Semuanya punya plus dan minus, 1 free dengan data transfer sebesar 10 GB tapi yang satunya hanya 500 MB dengan fasilitas gratisan yang bisa didapat dengan hanya melakukan tweet yang bermaksud untuk membantu promosi.

Semoga kita aman selalu dalam berselancar di dunia maya dengan 3 pilihan VPN tersebut, jika ada VPN lain yang rekomended, bisa diposting di kolom komentar.

Sekian dari saya tentang 3 VPN yang wajib dicoba untuk keamanan, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.