Home Review Whatsapp vs Telegram, Mana yang Terbaik Fiturnya?

Whatsapp vs Telegram, Mana yang Terbaik Fiturnya?

kelebihan dan kekurangan whatsapp dan telegram

Dunia digital sekarang semakin maju saja, bisa dilihat dari lalu lintas data yang beredar setiap harinya. Mengapa dikatakan begitu? Kita bisa lihat saja yang sekarang beredar di media sosial, beragam informasi terupdate setiap detiknya dan bukan setiap menit. Hal ini membuat orang mengetahui banyak berita dan informasi lebih cepat dari yang seharusnya. Media yang menjadi sarana berita misalnya Facebook, Twitter, Telegram, Instagram dan Whatsapp.

Sekarang kita akan membahas tentang 2 media sosial atau lebih tepatnya aplikasi messaging yang terkenal yaitu Whatsapp dan Telegram. Siapa sih yang tidak kenal dengan 2 aplikasi messaging ini? Begitu banyak orang yang menggunakan 2 aplikasi messaging ini, terutama Whatsapp yang memang lebih dikenal lebih dahulu dibandingkan Telegram. Whatsapp lahir di tahun 2009 dan Telegram di tahun 2013.

Kita akan membandingkan beberapa fitur yang menurut ikirangga layak untuk kita perhatikan secara seksama. Mengapa? Karena fitur – fitur ini serupa tapi memberikan dampak yang berbeda untuk pengguna.

Fitur – fitur yang ada di Whatsapp dan telegram

1. User admin dan creator

admin user telegram dan whatsapp

Kita akan menemukan fitur ini grup yang dibentuk Whatsapp dan Telegram. Apa yang menjadi pembeda user admin di antara Whatsapp dan Telegram?

Untuk aplikasi Whatsapp, tidak ada batasan kewenangan antara admin creator dan admin yang diangkat oleh creator. Jadi admin yang di angkat oleh admin creator bisa melakukan semua hal yang dilakukan oleh admin creator. Sebagai contoh jika admin creator bisa menghapus anggota grup maka hal tersebut bisa juga dilakukan oleh admin yang diangkat oleh admin creator.

Untuk aplikasi Telegram, ada pembeda antara admin creator dan admin yang diangkat. Admin creator bisa menentukan batasan kewenangan yang bisa dilakukan oleh admin yang diangkat oleh creator. Sebagai contohnya admin creator bisa menentukan kewenangan untuk admin yang diangkat hanya bisa merubah judul grup dan melakukan banned anggota. Jadi hal ini bisa memilah – milah siapa saja yang bisa diberikan kekuasaan penuh adminĀ  dan siapa yang diberikan wewenang yang terbatas walaupun sebagai admin.

2. Kirim file antar pengguna

mengirimkan file antar user

Jika kita lihat ini adalah fitur yang dimiliki hampir semua aplikasi messenger termasuk Whatsapp dan Telegram. Kita akan membahas ukuran file maksimal yang bisa di kirim oleh kedua aplikasi messenger ini.

Untuk aplikasi Whatsapp, kita hanya bisa mengirimkan photo dan video hanya sebesar maksimal 16 MB. Hal ini berdasarkan FAQ yang dikeluarkan oleh Whatsapp. Menurut saya itu ukuran yang kecil untuk mengirimkan file antar user.

Untuk aplikasi Telegram, kita bisa mengirimkan file seperti photos, videos and files (doc, zip, mp3, etc.) dengan ukuran hingga 1,5 GB. Hal tersebut ikirangga dapatkan berdasarkan FAQ yang kita lihat dari halaman website Telegram.

3. Searching grup

search grup di telegram

Untuk Whatsapp, grup yang telah dibentuk tidak bisa di cari atau ditemukan oleh orang lain karena Whatsapp tidak menyediakan fitur ini. Lain halnya dengan Telegram, kita bisa melakukan search atau pencarian untuk grup yang telah dibuat oleh creator jika tidak di setting hidden.

Apakah ini bisa menjadi aman atau tidak aman jika grup bisa di search oleh orang lain? Tentu saja akan tetap aman karena itu keputusan ada di tangan creator, apakah dengan sengaja show atau hidden grup tersebut.

4. Theme

theme whatsapp dan telegram

Ini sebenarnya adalah fitur tambahan yang tujuannya hanya untuk mempercantik tampilan dari sebuah aplikasi Messenger. Untuk Whatsapp Offcial fitur ini tidak ditambahkan. Mengapa? Saya juga tidak tahu, mungkin mereka hanya berfokus kepada kegiatan berkirim pesan saja. Akan ada pertanyaan, kok saya ada meilhat orang memakai theme di Whatsapp? Mungkin dia menggunakan Whatsapp Mod seperti YoWhatsapp atau GBWhatsapp.

Lain halnya dengan Telegram yang menyertakan fitur theme untuk aplikasi Messengernya sehingga kita bisa mengubah sesuai suasana hati walaupun belum terlalu banyak untuk theme telegram.

Okay sahabat ikirangga, itu ada 6 fitur serupa yang sudah kita bandingkan baik dari segi fungsi, kegunaan, kemudahan dan keamanan. Mana yang terbaik untuk dipilih? Nah itu saya kembalikan ke tangan sahabat ikirangga karena tidak ada sesuatu yang betul – betul sempurna. Jika dari lubuk hati paling dalam saya akan memilih Telegram karena banyak fitur yang lebih berguna dan powerful dibandingkan dengan Whatsapp.

Teman – teman bisa sampaikan di komentar jika ada fitur yang bisa kita bandingkan antara Whatsapp dan Telegram.

Terima kasih sudah berkunjung di blog Ikirangga. Semoga artikel yang tersaji di blog ini memberikan nilai manfaat bagi sahabat ikirangga di seluruh dunia. Artikel ini bisa teman – teman share di media sosial masing – masing supaya informasi ini tidak berhenti di diri kita saja. Masih ingin lebih dekat dengan ikirangga? Bisa kunjungi juga Fan Page Facebook ikirangga dan Youtube Channel Ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here