Review : Xiaomi Redmi 2 custom rom Oreo AOKP

Sebelumnya saya pernah share cara install Custom Rom Nougat 7.1.1, nah sekarang saya melakukan install Android Oreo 8.1 dari AOKP dengan cara yang sama dengan cara install custom rom Nougat yang lalu yaitu melalui TWRP Custom Recovery versi 3.2.1.0. Mengapa saya sebutkan versi untuk TWRPnya? Karena versi terbaru itu yang bisa menerima Custom Rom Oreo ini.

Sesuai judul yang sudah sebutkan, saya menggunakan custom rom oreo 8.1 yang berasal dari AOKP yaitu Android Open Kang Project yang menggunakan simbol kuda unicorn dengan warna yang warna warni. Ini pertama kalinya saya menggunakan custom rom Oreo 8.1 dari AOKP karena jujur saya belum pernah merasakan racikan custom rom untuk versi sebelumnya. Saya download dari forum xda developer untuk mendapatkan custom rom ini.

Proses Instal

Saya mulai dari proses install untuk custom rom oreo AOKP ini tergolong mudah dan seperti custom rom yang lainnya dan dengan syarat menggunakan TWRP versi 3.2.1.0 karena sudah saya coba TWRP dengan versi sebelumnya akan mengalami error 7 dan proses install tidak akan bisa berjalan. Dengan menggunakan versi terbaru proses install berjalan lancar tanpa error seperti sebelumnya. Untuk Google Application, saya mengambil dari opengapp dengan memilih arm, 8.1 dan jenis yang pico ( jenis yang paling kecil ukurannya ). Saya memilih ini karena saya sudah coba untuk versi yang di atasnya tapi mengalami kegagalan dalam installasi Google App dan dengan memilih versi ini, installasi lancar.

Setelah saya restart dan menjalankan Play Store, ternyata tidak mau diakses, masalah berasal dari Google Services. Akhirnya saya download aplikasi tersebut dari internet secara terpisah. Butuh perjuangan ya.

Dalam pemakaian sehari – hari

Ini adalah hari kedua saya menggunakan Custom OS AOKP Oreo 8.1. Secara pemakaian dan performance untuk pemakaian sehari – hari tergolong dalam kategori aman. Tidak ada kendala yang muncul dalam penggunaan untuk sehari – hari.

  1. Dari segi baterai, ini tergantung dari pemakaian kita, apakah kita aktif dalam menggunakan sosial, main game lalu kekuatan sinyal dari daerah tempat tinggal kita.
  2. Dari segi performance. Untuk pemakaian saya tidak ada lag yang berarti dari custom rom yang diinstall di device keluaran tahun 2014 dengan ram 1 GB dan internal ROM 8 GB. Lag hanya terjadi sesekali saja tapi tidak sering, ya kembali lagi dari aktivitas apa yang kita bebabkan ke smartphone. Saran saya, jangan terlalu banyak menjalankan aplikasi jika sudah banyak sebaiknya tutup aplikasi yang memang tidak benar – benar kita pakai.
  3. Dari segi tampilan, Ada beberapa customize yang bisa kita coba dari menu AOKP. Oya kita juga bisa menggunakan menu navigation jika tombol home atau sensitive button kita mengalami masalah dan ini merupakan solusi yang terbaik ya.
  4. Dari segi aplikasi, dari beberapa custom rom yang mengusung Oreo 8.1 ada isu bug untuk kamera tapi di custom rom ini hal tersebut sudah diperbaiki oleh tim AOKP sehingga kita sudah bisa menggunakan aplikasi kamera untuk photo atau digunakan untuk merekam momen. Saya sempat melakukan install file commander tapi mengalami Force Closed, saya belum mencoba untuk versi selanjutnya dari aplikasi tersebut, apakah akan mengalami hal yang sama. Selanjutnya aplikasi yang saya coba Telegram dan Whatsapp. Kedua aplikasi tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tanpa kendala, mengapa saya tuliskan kedua aplikasi ini? Karena 2 aplikasi ini yang banyak saya gunakan di smartphone ini.
  5. Dari segi Aplikasi Google, saya sarankan untuk menggunakan Gapps Pico yang bisa download di Opengapps. Mengapa saya sarankan versi tersebut? Saya mencoba install untuk versi nano dan mengalami kegagalan ketika installasi ke android custom os ini. Mengapa ini bisa terjadi? Mungkin hanya developernya yang bisa menjawab. Apakah masalah selesai sampai di sini? Ternyata terjadi ketidakcocokan aplikasi Google Services yang ada di Gapps Pico. Saya cari saja di google dan saya pilih yang versi terbaru dengan keterangan 240 dpi. Alhasil, Play Store bisa berjalan dengan normal.

Sekian dari saya tentang Review : Xiaomi Redmi 2 custom rom Oreo, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.