Home Review Produk Review : Tanix TX3 Mini Android TV Box

Review : Tanix TX3 Mini Android TV Box

Android TV Box TX3 Mini H

Pada tanggal 13 Mei 2019, saya membeli sebuah Android TV Box dari merk Tanix dengan seri TX3 Mini H. Saya menjatuhkan pilihan kepada Android TV Box seri TX3 Mini ini karena saya melihat ini adalah seri terbaru dengan sistem operasi Nougat 7.1.2. Dari segi harga pun tidak terlalu mahal di kisaran Rp. 350.000-an dan masih pas dikantong.

Saya tertarik karena TX3 Mini bentuknya simpel dan mempunyai spesifikasi yang bagus. Dengan RAM 2 GB dan ROM 16 GB sudah lebih dari cukup untuk alat hiburan di rumah.

A. Apa saja yang didapat dari paketan TX3 Mini H?

Dari yang saya beli di Tokopedia, paketan yang didapatkan sebenarnya standar saja dan sama seperti yang dari pabrikan yaitu :

  • T3 Mini Android TV Box
  • Kabel HDMI
  • Adaptor untuk Android TV Box
  • Remote
  • Buku manual petunjuk cara penggunaan dalam bahasa inggris

Yang membuat berbeda hanyalah sebuah mini keyboard wireless yang disertakan oleh penjualnya menjadi 1 paket dan tentu saja harganya bertambah. Jika saya pesan secara terpisah, harganya jadi lebih mahal ketika saya beli 1 paket dengan Android TV Box TX3 Mini.

B. Spesifikasi dari TX3 Mini Android TV Box

Tentu saja hal ini yang membuat saya dan istri “meminang” untuk dijadikan teman hiburan di rumah karena kami berlangganan paket internet unlimited. Sayang jika paket internet ini hanya untuk browsing saja dan setidaknya TV yang kami punya sudah cukup oke untuk disandingkan dengan Android TV Box ini.

1Sistem OperasiAndroid 7.1.2
2CPUAmlogic S905W , Quad Core ARM Cortex-A53
3GPUMali-450 penta-core, up to 750MHz+(DVFS)
4RAM2GB DDR3
5ROM16 GB eMMC
6Koneksi jaringanWiFi: 2.4G WIFI, 802.1.1b/g/n, LAN: 10/100M
7MediaDecoder Formats: 4K,H.265,MPEG1/2/4,H.264, HD AVC/VC-1,RM/RMVB,Xvid/DivX3/4/5/6 ,RealVideo8/9/10, Video Formats: 4K@30fps, H.265, AVI, H.264, VC-1, MPEG-2, MPEG-4, DIVD/DIVX, Real8/9/10, RM,RMVB, PMP, FLV, MP4, M4V, VOB, WMV, 3GP, MKV. Music format: MP1, MP2, MP3, WMA, OGG, AAC, M4A, FLAC, APE, AMR, RA, WAV. Photo format: JPEG/BMP/GIF/PNG/TIFF
8LainnyaInterface AV,DC Power Port,Ethernet,HDMI,TF Card Slot,USB2.0

C. Apa saja yang bisa dilakukan oleh TX3 Mini?

Seperti layaknya smart tv atau smartphone android, kita bisa menonton tv siaran online, main game, nonton film menggunakan netflix dan ada banyak hal lagi yang bisa kita lakukan dengan menggunakan android tv box TX3 Mini.

Salah satu fitur yang saya suka adalah Miracast. Apa itu Miracast? Bisa menghubungkan android dengan TV. Ini adalah fitur yang tidak terlalu penting menurut saya.

D. Kelebihan & kekurangan

Jika berbicara tentang produk yang dibuat oleh manusia tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Hal tersebut jangan menjadi sesuatu yang dibesar-besarkan tapi cukup untuk koreksi dan untuk memaksimalkan kelebihan untuk mengurangi kekurangannya.

kelebihan

  1. Bentuk yang mungil dan tidak berat.
  2. Semua keunggulan smart tv berada dalam 1 tv android box.
  3. Kebutuhan listrik yang tidak besar.
  4. Bisa menggunakan hampir semua aplikasi android.
  5. Sudah support video hingga 4k.

Kekurangan

  1. tidak terdapat modul bluetooth sehingga tidak bisa menggunakan speaker bluetooth.
  2. Untuk aplikasi Netflix tidak bisa diupdate dan menggunakan bukan versi terbaru.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ikirangga. Semoga artikel yang kami sajikan di sini bermanfaat untuk semuanya. Sahabat juga bisa share artikel di blog ke sosial media sehingga semua orang tahu. Kunjungi juga Fan Page Ikirangga dan Channel Youtube Ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here