Review : Modem ZTE MF90 menggunakan Beeline

Beeline merupakan nama operator telekomunikasi dari Rusia dengan logo seperti Bee ( lebah ) yang identik dengan warna kuning dan hitam. Saya penasaran dengan orang yang jual modem dengan bundling firmwarenya menggunakan Beeline ini. Sementara saya mempunyai Modem MF90 ZTE keluaran dari Bolt. Mengapa saya tidak coba saja sendiri? Mengapa harus beli yang sudah jadi dengan bahan modem yang sama? Dengan modal percaya diri akhirnya saya eksekusi modem tersebut dengan langkah-langkah yang ada.

Sudah sekitar 1 bulan saya melakukan instalasi Modem ZTE MF90, berawal dari rasa penasaran saya menggunakan firmware B10 Beeline setelah melihat – lihat di forum kaskus dan beberapa blog yang saya kunjungi untuk mencari referensi cara install modem ZTE MF90.

Beberapa hal yang yang saya perhatikan ketika menggunakan firmware Beeline ini :

  1. Tampilan Web UI
  2. Menu USSD dan Message
  3. Daya tangkap sinyal

Tampilan WebUI

Saya mulai dari yang nomor 1 ini yang menjadi perhatian pertama saya ketika mau melakukan setting password, nama wifi, setting identitas kartu dan hal lain yang berhubungan dengan setting.

  1. Secara tampilan sederhana saja, seperti layaknya grid pada Windows 10, karena tampilan yang simpel ini jadi untuk loading Web UI tidak terlalu butuh kekuatan yang berarti.
  2. Untuk pilihan bahasa juga tinggal klik saja di sebelah kanan simbol baterai, pilih English atau Rusia.
  3. Bagian yang tidak berfungsi adalah Check Balance dan USSD, ketika saya coba, hal tersebut tidak berfungsi.

Menu USSD dan Message

Seperti yang saya bahas di bagian pertama, untuk menu USSD, tidak dapat berfungsi jadi gunakan hal tersebut untuk cek kuota atau cek pulsa di Modem kita. Untuk menu message dapat berfungsi secara baik dan benar, mengirim pesan ataupun menerima pesan dapat berjalan dengan baik.

Daya Tangkap Sinyal

Ini berpengaruh atau tidak, tapi ketika saya menggunakan modem ini saat masih firmware bawaan Bolt di B05 terasa sekali perbedaannya. Saat itu saya menggunakan kartu simPATI, sinyal putus nyambung dan membuat saya agak kesal dan sempat mau ganti modem hehehehe. Sekarang yang saya rasakan berbeda ketika saya menggunakan B10 Beeline.

Sekian dari saya tentang Review : Review : Modem ZTE MF90 menggunakan Beeline, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.