Review : Internet Download Manager ( IDM )

Jika kita sudah kenal yang namanya internet, tidak hanya kegiatan browsing ataupun menonton video di Youtube yang kita lakukan. Ada kegiatan lain yang mengambil file di suatu situs untuk kemudian kita nikmati secara offline tanpa terhubung dengan internet, istilahnya adalah download. Kegiatan download ini sebenarnya tiap browser itu sudah menyediakan fiturnya tapi kita butuh yang namanya download manager sehingga nantinya kita bisa memantau langsung file – file apa yang sudah kita download dan berapa kecepatan downloadnya.

Kali ini kita akan melakukan review terhadap salah satu download manager yang tidak free alias berbayar yaitu Internet Download Manager atau yang biasa disingkat dengan IDM.

Kelebihan :

  1. Simple dan mudah digunakan
  2. memudahkan untuk management file yang di download
  3. Stabil ketika melakukan download
  4. Aplikasi ringan ketika digunakan

Kekurangan :

  1. Shareware atau aplikasi berbayar : ini sebenarnya bukan kekurangan tapi bagi “pemuja” software gratis, ini adalah salah satu kekurangan karena akan membutuhkan effort yang besar di bidang keuangan untuk mendapatkan fitur premium dan limit waktu penggunaan yang dibatasi dengan masa trial.
  2. Kadang ada beberapa tipe donwload yang tidak didukung oleh internet download manager ( IDM ) : nah ini yang sering saya rasakan dan alami ketika melakukan download dari temapt download misal dari google drive, yang tertangkap dari sana hanya pesan error yang menyatakan bahwa download sudah complete tapi file yang didownload bukan yang kita maksud atau mungkin ada cara lain supaya kita bisa download?
  3. Hanya mendukung Windows saja, tidak multiplatform : software ini adalah software yang menarik dan sangat bermanfaat serta sudah familiar di telinga kita semua

Sekian dari saya tentang Review : Internet Download Manager ( IDM ), semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *