Review : Aplikasi Telegram Messenger

Telegram adalah messeger yang bersifat gratis dan berbasis cloud. Yang menjadi andalan dari telegram ini adalah sistem keamanan yang mereka sematkan di messenger ini, aplikasi ini dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP.

Siapa yang tidak tahu aplikasi Telegram Messenger? Saya yakin pasti teman – teman tahu tentang aplikasi yang satu ini. Telegram sama seperti layaknya aplikasi messenger yang lain seperti Whatsapp, Blackberry Messenger, Facebook Messenger, dll. Berusaha menyatukan orang jauh menjadi seperti dekat.

Namun ada beberapa perbedaan yang membuatnya layak untuk dijadikan messenger selain dari yang sudah ada sekarang. Fiturnya itu lho yang saya suka dibandingkan dengan messenger lain.

Nah apa yang membuat berbeda aplikasi ini dengan yang lain?

  1. Privacy. Bisa kita lakukan penyesuaian di setting seperti privacy untuk diri sendiri, grup dan channel. Untuk grup dan channel ini kita bisa setting ke mode private sehingga hanya orang – orang terpilih saja yang bisa masuk dan melacak grup atau channel kita lalu link bisa digenerate sehingga link yang kita sebar pertama kali tidak akan sama setelah digenerate.
  2. Grup dan Channel. Nah ini yang membuat saya senang, pertama channel, di sini kita bisa berbagi cerita tanpa ada orang yang menyela pesan yang telah kita sampaikan, dengan kata lain, orang hanya bisa melihat tanpa berkomentar. Yang kedua adalah grup, nah di telegram, kita bsa upgrade grup biasa menjadi supergroup sehingga kapasitasnya bisa menjadi lebih banyak.
  3. Tidak terbatas. Apa maksudnya ini? Yang saya maksud adalah kita bisa login ke beberapa device, baik itu smartphone, tablet atau laptop. Asalkan no handphone yang digunakan sama dengan yang kita daftarkan di smartphone.
  4. Double Account. Ini hanya berlaku di Telegram untuk android, mengapa? Saya juga tidak tahu tetapi setelah saya coba di Android, saya menemukan hal tersebut dan ini tidak berlaku untuk iOS atau laptop ( MacOS dan Windows ).

Sekian dari saya tentang Review : Aplikasi Telegram Messenger, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.