Generasi Cloud Computing

Pada jaman dahulu kala, kita mengenal disket yang biasa digunakan untuk menyimpan data. Waktu itu dengan kapasitas 1.44 MB sudah besar sekali dan tampak keren. Berbagai data kita anggap sudah bisa tertampung di kapasitas yang sebesar itu.

Beberapa waktu kemudian muncullah media penyimpanan berupa CD dan DVD, ada yang berupa CD/DVD biasa yang artinya hanya sekali pakai tapi ada juga yang embel – embel RW dibelakangnya dengan arting bisa dipakai kembali ( Re-Write ) dengan kapasita paling besar 8 GB atau bisa cari yang Double Layer dengan kapasitas 2 kalinya. Seiring dengan munculnya CD/DVD, sudah muncul juga Flashdrive dengan kapasita sebesar 128 MB, sudah cukup banget karena beralih dari disket dengan kapasitas 1.44 MB dan sampai dengan hari ini perkembangan kapasitas hingga 32 GB.

Seiring dengan perkembangan itu, muncullah media penyimpanan yang bisa kita akses di mana saja atau dengan bahasa kerennya menggunakan media penyimpanan cloud. Nah media penyimpanan ini yang nantinya akan menggantikan media penyimpanan konvensional. Generasi sekarang lebih memilih untuk menggunakan media penyimpanan ini. Generasi cloud computing akan semakin terlihat nyata untuk di saat sekarang ini.

Ada beberapa media penyimpanan cloud yang beberapa di antaranya sudah kita kenal seperti :

  1. Google Drive
  2. DropBox
  3. OneDrive
  4. Mediafire
  5. JustCloud
  6. Mega
  7. 4shared

Kelebihan :

  1. Kapasitas yang di tawarkan besar seperti contohnya Google Drive, dengan free biaya kita bisa mendapatkan 15 GB.
  2. Bisa diakses di mana saja dan kapan saja.
  3. File yang telah kita simpan bisa kita sharing kepada teman yang berbeda kota ataupun berbeda negara.

Kekurangan :

  1. Hanya bisa di akses dan disimpan jika ada koneksi internet.

Dibalik kemudahan dan kelebihan yang diberikan oleh Cloud ini memang bisa dibilang tanpa batas tapi kita juga harus waspada. Maksudnya?? :; Sebagai contohnya selain dari mengandalkan cloud cadangan kita juga harus menyediakan cadangan data dalam bentuk konvesional karena tidak semua cloud itu berguna jika kita tidak mempunyai akses internet atau listrik padam.

Sekian dari saya tentang Generasi Cloud Computing, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *