Home Ikirangga Tutorial Blogging Tombol Justify Underline WordPress Yang Hilang

Tombol Justify Underline WordPress Yang Hilang

Ketika kita menggunakan wordpress untuk pertama kali pasti akan bingung. Mengapa tombol justify dan underline wordpress tidak ada? Tenang teman, ini bukan hanya masalah teman – teman yang baru tapi juga masalah bagi pengguna lama WordPress. Bagaimana tidak, ini adalah sebuah tombol ajaib yang dibutukan oleh sesorang untuk menulis.

Bisa dibayangkan ketika kita menulis dan melihat di dasboard dan kita tidak menemukannya. Lalu dibenak kita akan muncul pertanyaan, mengapa seperti ini? Apakah tombol ini sudah tidak berguna lagi bagi WordPress? Itu adalah sebuah pertanyaan yang wajar dan pasti akan terlintas di benak kita semua.

Saya menemukan cara ini ketika sedang browsing di internet di blog bloggershelp. Menurut saya cara ini cukup efektif untuk diterapkan di wordpress, apapun editor yang kita gunakan, Classic Editor ataupun Block Editor.

Apakah tombol underline and justify?

Sebuah tools atau tombol yang biasanya berada di editor pada CMS WordPress. Kegunaan tombol ini adalah untuk membuat underline pada tulisan dan juga membuat rata kanan dan rata kiri dengan fungsi justify.

Mengaktifkan Tombol Justify Underline WordPress

WordPress tetap membutuhkan tombol tersebut tapi dengan cara yang berbeda untuk memunculkannya. Ada 2 cara untuk menggunakan tombol justify dan underline di wordpress versi terbaru ini. Dengan menggunakan plugin tambahan dan dengan menggunakan shorcut yang ada di keyboard.

A. Menggunakan plugin Re-add undeline and justify

Dengan cara ini kita mengaktifkan secara langsung tombol justify dan underline pada dasboard wordpress. Maka ketika kita membutuhkan tombol tersebut, kita bisa langsung klik di dasboard wordpress. Kita harus install plugin untuk cara ini, apakah nama plugin tersebut? Pada ikirangga saya telah mencoba plugin yang bernama Re-add underline and justify.

Dimana kita bisa menemukan plugin ini? Teman – teman bisa mencari plugin ini pada database plugin yang ada di wordpress. Ketikan saja nama Re-add text underline and justify dan kita akan diperlihatkan penampakan plugin tersebut.

Cara install plugin Re-add text undeline and justify

  1. Sekarang kita buka database wordpress plugin melalui menu plugin lalu pilih add new. Kita akan diarahkan ke database plugin, bagaimana mencarinya? tuliskan saja nama plugin yang dicari.memasang plugin dengan cara mencari di data base
  2. Setelah plugin yang dicari ketemu, pada sisi kanan atas plugin kita akan melihat tombol install. Klik tombol tersebut lalu proses install akan berjalan. Ada baiknya sebelum install kita melihat detail dari plugin yang akan diinstall.sekarang saatnya kita install plugin yang sudah ditemukan Tombol Justify Underline WordPress
  3. Setelah selesai di install maka tombol install tadi akan berubah menjadi active. Bagaimana cara mengaktifkannya? Sekarang klik tombol active dan plugin yang telah diinstal akan active di WordPress.

Cara setting plugin Re-add text undeline and justify

  1. Sekarang kita menuju ke menu Setting dan pilih menu writing. Di sini kita akan melihat menu Editor Style dan pilih Re-add text underline and justify sebagai editor style.melakukan setting untuk editor style menggunakan Tombol Justify Underline WordPress
  2. Setelah memilih editor-style, tentukan default editor for all users menjadi Classic Editor atau Block Editor. Pilihlah Classic Editor untuk memunculkan Re-add text underline and justify button.
  3. Setelah semua yang ada di writing setting telah kita pilih maka saatnya kita simpan. Hal ini dilakukan supaya apa yang telah kita pilih tidak akan berubah.sekarang kita melakukan save setting pada wordpress

B. Menggunakan shortcut pada keyboard

Ini adalah sebuah solusi yang utama untuk masalah ini. Sebuah tombol yang dihilangkan dari toolbar, padahal kita masih membutuhkannya untuk menulis. Sama halnya ketika kita menggunakan Microsoft Word untuk mengetik. Untuk cara yang ini kita tidak membutuhkan plugin sama sekali. Saya lebih menyukai cara ini karena mengurangi penggunaan plugin di blog yang kita kelola.

Untuk fungsi underline _

  1. Windows/Linux: “Ctrl + u”
  2. Mac: “Command (⌘) + u”

Untuk fungsi justify –

  1. Windows/Linux: “Alt + Shift (⇧) + j”
  2. Mac: “Ctrl + Option (alt ⌥) + j”

Jadi walaupun kita menggunakan Block Editor milik Gutenberg, kita masih bisa menggunakan cara yang dijelaskan di atas.

Sekarang bukan alasan lagi untuk menulis di WordPress tanpa adanya tombol underline dan justify. Tentukan pilihan teman – teman, apakah menggunakan plugin atau menggunakan cara manual untuk membuat underline dan justify?

Menurut saya pribadi lebih suka menggunakan cara manual saja. Mengapa? Karena hal ini akan mengurangi pemakaian plugin di blog kita. Apapun pilihan teman – teman, semua itu bertujuan untuk memudahkan dalam menulis artikel di blog.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog, semoga artikle yang kami tuliskan bisa bermanfaat untuk kita semua. Sahabat juga bisa share di media sosial untuk artikel ini supaya banyak orang menerima manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here