Home Ikirangga Tutorial Android Tutorial Pembayaran Google Play Store Tanpa Kartu Kredit

Pembayaran Google Play Store Tanpa Kartu Kredit

pembayaran dengan gift card Google Play Store

Bagimana jika kita ingin membeli sesuatu di Google Play Store? Tentu saja kita butuh alat pembayaran yang di support oleh Google. Apa saja cara pembayaran Google Play Store? Setahu saya ada dua dengan menggunakan kartu kredit dan menggunakan voucher atau yang lebih dikenal dengan gift card.

Di mana kita bisa beli voucher google play? Selama ini saya membelinya di Indomaret di dekat rumah. Tapi ada beberapa toko online yang juga menjual seperti Tokopedia dan Bukalapak. Saya ingin merasakan sensasi menggosok voucher Google Play Store jadi membeli bentuk fisiknya.

Apakah gift card Google Play Store?

Dari tadi kita sudah membicarakan tentang gift card atau voucher Google Play Store. Sebenarnya apa sih itu? Ini adalah sebuah voucher belanja yang digunakan untuk membeli barang – barang premium di Google Play Store.

Seperti layaknya voucher pulsa, dengan menggunakan voucher Google Play Store kita bisa mengisi saldo. Saldo ini yang nanti bisa kita gunakan untuk belanja. Jadi voucher ini tidak sekali pakai hanya untuk barang tertentu saja.  Jangan dikira sama dengan voucher makan ya, itu dua hal yang sangat berbeda. Bagaikan langit dan bumi, apalagi voucher belanja.

Apakah fungsi gift card?

Sebenarnya untuk fungsi dari gift card ini sudah kita singgung sedikit di awal, tengah dan sekarang di paragraph ini. Sebenarnya menurut saya ada 2 fungsi dari Google Play Gift Card ini. Apa saja itu?

  1. Mengisi saldo di akun Google Play Store yang kita punya.
  2. Untuk belanja barang seperti aplikasi android, buku, gem atau diamond di game, dan masih banyak lagi.
  3. Pengeluaran untuk pembelian lebih terkontrol karena kita belanja berdasarkan saldo saja. Lain halnya jika menggunakan kartu kredit, tiba – tiba tagihan membengkak karena keenakan belanja.

Bagaimana teman – teman? Sampai disini sudah jelas dan clear ya tentang fungsi dari si voucher Google ini. Ini sangat berguna untuk teman – teman yang belum atau tidak punya kartu kredit dan ingin membeli aplikasi.

Pembayaran Google Play Store tanpa kartu kredit

Jika kita memilih salah satu metode pembayaran yaitu dengan metode gift card maka kita tiadak membutuhkan kartu kredit. Ada beberapa langkah untuk memasukkan kode gift card atau voucher Google Play Store ke dalam saldo akun. Setelah proses pengisian maka kita bisa gunakan untuk belanja.

1. Proses mengisi saldo menggunakan voucher/gift card

Ini adalah langkah pertama yang kita lakukan ketika belum ada saldo di akun Google Play Store. Bagaimana jika saya sudah punya saldo? Maka langkah ini bisa sahabat lewatkan saja. Ini hanya berlaku untuk yang belum punya saldo di Google Play Store saja.

  1. Pertama kali yang kita lakukan adalah membeli gift card di toko terdekat. Jika membeli di indomaret, kita akan mendapatkan gift card dalam bentuk fisik. Jika membeli di toko online seperti bukalapak atau tokopedia, tidak akan mendapatkan bentuk fisik.
  2. Apa yang kita dapatkan ketika membeli gift card? Kita akan mendapatkan kode gift card yang bisa kita redeem sehingga masuk menjadi saldo. Untuk bentu fisik, kode terletak pada bagian belakang dan ditutup. Penutup ini yang nantinya harus kita gosok untuk mendapatkan kode tersebut.
  3. Sekarang kita menuju ke smartphone android dan membuka Google Play Store. Buka menu Google Play Store dengan cara klik simbol garis tiga di dekat kolom pencarian. Kita akan melihat menu yang akan muncul dari Google Play Store.
  4. Geser hingga ke bawah dan kita akan menemukan menu redeem. Klik menu redeem lalu masukkan kode yang telah kita dapatkan dari Gift Card atau Voucher Google Play Store.
  5. Klik Redeem di sisi kanan bawah setelah memasukkan code tersebut.

2. Proses membeli barang di Google Play Store

Ini adalah tahap kedua dari langkah yang akan kita lakukan. Pada langkah ini kita akan menuliskan tahapan dalam pembelian barang di Google Play Store.

  1. Cari terlebih dahulu aplikasi/buku/game yang akan kita dibeli dari Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi yang dicari ketemu maka kita bisa menekan tombol purchase di sisi kanan aplikasi. Biasanya untuk aplikasi gratis, tombol tersebut akan tertuliskan download.
  3. Selanjutnya pilih accept dan kita akan dihadapkan pada pilihan cara pembayaran. Pilih Redeem untuk menggunakan kode dari Gift Card atau Voucher Google Play Store.
  4. Klik Redeem untuk mengeksekusi kode yang telah dimasukkan tadi. Selanjutnya akan terinstall aplikasi yang telah dipilh tadi.

Sekarang kita sudah bisa melakukan pembelian aplikasi berbayar dengan menggunakan Gift Card. Jadi bukan sebuah kesulitan lagi tanpa kartu kredit tidak bisa beli aplikasi di Google Play Store.

Terima kasih sudah berkunjung di Ikirangga Blog. Saya harap tulisan yang ada di blog ini berguna untuk kita semua. Sahabat juga bisa membantu share artikel di blog ini supaya semua orang tahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here