Home Ikirangga Tutorial 3 Tahap Install ZTE MF90 dengan B10 Beeline

3 Tahap Install ZTE MF90 dengan B10 Beeline

Hello apa kabar sahabat ikirangga di seluruh Indonesia? Bagaimana kabar hari ini? Tentunya baik – baik saja ya dan sehat selalu.

Kali ini saya akan memberitahu teman – teman tentang firmware B10 Beeline untuk modem ZTE MF90 Bolt. Ya ini adalah salah satu varian modem Wifi (dibaca : MIFI) yang dikeluarkan oleh Perusahaan Bolt untuk bisa menggunakan jaringan 4G. Saya penasaran untuk mencoba firmware Beeline yang merupakan besutan dari salah satu operator atau provider di Rusia. Tampilannya yang simpel dan tidak banyak ornamen bergerak atau animasi, itu yang membuat saya tertarik.

Saya menemukan tutorial dari kaskus supaya kita bisa merasakan tampilan Beeline tersebut. Salah satu peserta forum yaitu j4ck45s dengan judul Cara Upgrade B10 Khusus B08 via Fastboot.

Persiapan sebelum instal B10 Beeline

  1. Modem MF90 ZTE dengan firmware terakhir B08, selain itu saya tidak tahu bisa atau tidak ya.
  2. Download program Qualcomm QPST
  3. Download file config & QCN B10
  4. Download dan Install adb-setup-1.4.2.exe
  5. Download dan baca manual install driver for adb and fastboot
  6. Backup Imei modem teman – teman menggunakan NV Item Reader Writer
  7. Bikin folder di desktop namain “Fastboot B10”
  8. Pada tahap ini, kita bisa menjalankan updater B10 , lalu close. buka folder %temp%\OneKeyUpdate kemudian kopi 4 file yaffs2 + dsp2.mbn + efs.mbn lalu paste ke enam file tersebut ke folder “Fastboot B10” di desktop
  9. Salin code dibawah ini, paste ke notepad, lalu save as “ubah_adb_ke_fastboot.bat“, masukkan ke folder “fastboot B10” di desktop.
  10. Salin code dibawah ini, paste ke notepad, lalu save as “Flash_B10.bat“, masukkan ke folder “Fastboot B10” di desktop. 
  11. Salin code dibawah ini, paste ke notepad, lalu save as “backup_mac_address.bat” taruh di folder “Fastboot B10” di desktop.
  12.  Salin code dibawah ini, paste ke notepad, lalu save as “restore_mac_address.bat” taruh di folder “Fastboot B10” di desktop.
  13. Ini yang paling penting dari yang penting. Seluruh kegiatan update ini adalah menjadi tanggung jawab dari diri kita masing – masing dan saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan/brick/error modem teman – teman atas tutorial Flash Modem MF90 menjadi Beeline. Dengan kata lain resiko di tanggung sendiri ya.
  14. Jika sudah yakin dengan resikonya maka bisa lanjut ke tahap selanjutnya untuk melakukan flash modem MF90 kepunyaan kita.

Langkah untuk Flash Beeline MF90 ZTE Modem

  1. buka folder “Fastboot B10” di desktop, jalankan file “setupOLD.exe” sampai selesai
  2. Colok modem ke PC, pastikan modem bisa mengakses web gui, lalu klik link dibawah ini :
  3. buka devman, pastikan sudah ada “Android ADB Interface“. jika belum, instal drivernya sesuai petunjuk manual instal driver di poin 2 bahan2 diatas.
  4. buka folder “Fastboot B10” di desktop, jalankan file “backup_mac_address.bat” lalu cek di drive C, harus sudah ada file wlan_ap_config.conf dan file wlan_ap_config.conf.bak
  5. Jalankan file “ubah_adb_ke_fastboot.bat”
  6. Cek devman, pastikan sudah ada Android bootloader Interface disitu, jika belum, instal sesuai petunjuk manual instal driver di poin 2 bahan2 diatas.
  7. Jalankan file “Flash_B10.bat“, tunggu sampe finish, pastikan keenam file sudah berhasil di flash. Modem akan restart dan lampu di modem tinggal dua (indikator led sinyal di modem hilang).
  8. Buka “QPST EFS Explorer“, restore file “config” dengan file config B10 yang sudah didownload sebelumnya.
  9. Buka “QPST Software Download”, tab “restore”, silahkan restore QCN B10 yang sudah didownload sebelumnya.
  10. Restore imei modem ente yang sudah dibackup sebelumnya menggunakan NV Item Reader Writer.
  11. Jalankan Updater B10, tunggu sampe modem ente kedetect, lalu close. tunggu modem akan balik ke normal mode (webgui mode). sampai disini alamat web gui ente sudah berubah menjadi http://m.home/ atau 192.168.0.1
  12.  mulai restore mac address modem teman – teman. klik link dibawah ini
  13. buka devman, pastikan sudah ada “Android ADB Interface”.
  14. buka folder “Fastboot B10” di desktop, jalankan file “restore_mac_address.bat” pastikan file .conf dan .conf.bak di drive C sukses terkopi.
  15. Selesai. silahkan balik lagi ke normal mode dengan klik link dibawah ini :

Tahap terakhir setelah terinstal Beeline B10

  1. Sambungkan modem teman – teman dengan laptop melalui kabel atau wifi (melalui 192.168.0.1)
  2. Ubah bahasa rusia menjadi bahasa inggris
  3. Setelah masuk, ubah pengaturan internetnya dengan memasukkan data APN sesuai dengan kartu yang akan teman – teman pakai.
  4. Setting password untuk wifinya dan pengaturan yang lain, seperti nama wifi yang dikehendaki, contoh dotBlankon.
  5. Setelah selesai, cobalah untuk melakukan browsing menggunakan internet dari modem MF90.

Saya mengikuti langkah – langkah di atas dan berhasil melakukan flashing untuk ZTE MF90 kepunyaan saya. Tapi itu berpulang ke diri kita, berani atau tidak. Ikirangga tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang ditimbulkan akibat mencoba tutorial ini. Resiko di tanggu yang mencoba ya teman – teman. Do With Your Own Risk… 😀

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

(Sumber : Kaskus)

10 COMMENTS

  1. M Isa Al Anshori

    cara melakukan langkah 6 gimana? saya punya zte mf90 bolt yang udah diunlock jadi bisa 4g axis, kalau di install ini hilang gak unlocknya?

  2. saya mencoba mengikuti tahap2 nya.

    kalo saya restore config file nya ditaro di folder mana ? di root folder kah ? makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here