Cara update TWRP versi terbaru android

Jika kita bisa custom rom di smartphone android maka tidak akan lepas dari system recovery custom. Maksudnya bagaimana itu? Begini maksudnya, jika kita sudah melakukan install Custom OS Android maka kita wajib untuk melakukan perombakan di sisi System Recovery dengan menggunakan versi custom.

Apakah versi untuk Custom Recovery itu hanya versi itu – itu saja? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena hanya perubahan yang pasti, artinya? Setiap versi akan mewakili cocoknya untuk Custom OS versi berapa, misalnya v1 hanya bisa untuk versi Donut sampe Lolipop sedangkan kita butuh untuk install versi OS Marshmallow ke atas. Jawabanya kita harus melakukan update versi sesuai dengan yang di sediakan oleh developernya. Ini pernah terjadi ketika saya menggunakan TWRP versi 3.0.0.2, kebetulan saya akan install versi Oreo 8.1, apa yang terjadi? Ketika akan diinstall mengalami error 07, solusinya update TWRP menjadi versi yang lebih baru dan masalahnya clear/selesai.

Sebagai pembukaan saya akan mengenalkan bahwa ada 2 buah jenis custom recovery android yang digunakan di dunia ini.

  1. CWM ( ClockWorkMod )
  2. TWRP ( Team Win Recovery Project )

Saya tidak akan membahas satu per satu custom recovery di atas karena saya yakin teman – teman sudah pada tahu tentang kedua hal tersebut. Yang akan saya bahas di sini adalah TWRP dan CWM di lain kesempatan ya. Saya akan menunjukkan bagaimana cara update TWRP dari versi yang sekarang dipakai dengan versi yang lebih baru, contoh saya sekarang menggunakan versi 3.0.0.2 dan akan melakukan update menjadi versi 3.2.1.0. Memang syarat untuk melakukan update ini harus menggunakan TWRP terlebih dahulu, namanya juga update :D.

  1. Download terlebih dahulu custom recovery versi update di website twrp dan pilih sesuai dengan device yang akan di install ya contohnya karena saya memakai xiaomi redmi 2 jadi pilih device wingtech ( redmi 2 ).
  2. Letakkan file yang bernama twrp-3.2.1.0.img di root external sdcard atau internal, saran saya taruh di root supaya mudah untuk mengaksesnya.
  3. Restart smartphone kita unuk menuju ke Custom Recovery kemudian pilih install dan klik install image kemudian baru menuju ke filetwrp-3.2.1.0.img kemudian slide untuk install update tersebut

Sekian dari saya tentang Cara update TWRP versi terbaru android, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.