Cara transfer file smartphone android di MacOS

Kemarin saya kesulitan ketika ingin melakukan transfer file dari MacBook Pro saya ke smartphone android yang saya punya. Mengapa? Jika di Windows, ketika kita colokkan kabel usb antara smartphone android dan windows maka secara otomatis smartphone kita langsung terdeteksi dan dikenali sebagai usb biasa layaknya flashdrive.

Hal ini tidak akan terjadi di MacOS, kita wajib punya 1 software untuk melakukan transfer ini yaitu Android File Transfer. Software ini resmi dari android yang berarti google telah memikirkan cara untuk mempermudah bagi pemilik sistem operasi selain Windows.

Persiapan :

  1. Siapkan smartphone anndroid dan kabel data
  2. Download Android File Transfer
  3. Install Adroid file transfer tersebut ke MacOS kita.

Eksekusi transfer file yang akan kita lakukan :

  1. Klik Android file transfer yang telah kita download tadi lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, dengan tampilan yang sederhana dan simpel.
  2. Pilih media internal atau external yang akan kita letakkan file tersebut.
  3. Siapkan file yang akan kita copy ke smartphone android kita lalu drag file tersebit dan geserkan ke android file transfer.
  4. Kita tunggu file tersebut tercopy ke smartphone android kita.
  5. Done, file tersebut sudah tercopy dan tugas kita telah selesai.

Sekian dari saya tentang Cara transfer file smartphone android di MacOS, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.