Cara convert PSD to PDF file

Pernahkah terkendala dengan convert PSD to PDF file? Nah lo memang untuk apa memikirkan cara convertnya? Sebagai pengetahuan umum saja :D. Ya cara convert PSD to PDF kadang menjadi pertanyaan selain dari convert JPG to PDF file atau format yang lain menjadi PDF.

Jadi begini ceritanya, saya kan sedang membuat Curriculum Vitae yang bentuknya agak bagusan dan tidak kaku menurut saya. Mengapa saya menggunakan Photoshop dan bukan menggunakan Microsoft Word? Karena menurut saya menggunakan Adobe Photoshop itu lebih fleksibel untuk design dan kita bebas untuk membuat bentuk apa saja yang kita mau. Repot dong ya, harus buat satu-satu, hitung jarak dan sebagainya. Memang, semuanya repot tapi kita akan lebih puas karena CV kita minimal agak berbeda dari orang lain. Kan kita bisa mencari website yang bisa membuat CV dan dengan berbagai macam theme yang kita bisa pilih? Saya sudah coba itu tapi ujung – ujung nya uang alias harus bayar jika ingin download dalam format PDF tapi saya tidak akan membahas tentang cara membuat CV, nanti kita bahas terpisah ya.

Sebenarnya cara untuk melakukan save ini ada bermacam – macam tapi saya akan membahas 2 tipe yang free dan tidak sulit.

  1. Convert Online
  2. Convert langsung dari Photoshop

Convert Online

Ini adalah cara yang simpel jika kita mempunyai koneksi internet, kita tinggal searching di google dan carai cara untuk convert dari jpg ke pdf.

  1. Buka halaman jpg2pdf
  2. Masukkan upload file gambar yang akan kita convert
  3. Jika sudah terupload maka klik combined dan hasilnya akan langsung terdownload secara otomastis dalam bentuk pdf.

Convert langsung dari Photoshop

Nah ini cara yang kedua yang berguna bagi yang tidak mempunyai koneksi internet, bisa dibilang ini adalah cara yang aman dan nyaman, nah lo :D.

  1. Buka file bentuk psd yang harus kita convert menjadi pdf
  2. tekan ctrl-P untuk Windows atau Command+P untuk MacOS dan akan nampak seperti tampilan di bawah ini.
  3. Lalu buka bagian setting dan tentukan file tersebut akan di save as pdf lalu klik save lalu kemudian klik print.
  4. Kita akan dapatkan hasil berupa pdf dan buka dalam bentuk print.

Sekarang kita bisa memilih cara mana yang mau dipilih dan tidak terlalu tergantung dengan internet, Photoshop pun bisa langsung kita gunakan.

Sekian dari saya tentang Cara convert PSD to PDF file, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.