Home Ikirangga Tutorial Blogging Cara Mudah Membuat Subdomain di Blogspot

Cara Mudah Membuat Subdomain di Blogspot

membuat custom subdomain blogspot

Kita sering melihat sebuah subdomain yang dibuat dari domain utama. Bagaimana cara membuatnya? Misalnya store.cuitanwanita.web.id atau trend.google.com. Bagaimana cara kita membuat subdomain?

Apakah kita yang hanya menggunakan blogspot bisa membuatnya? Bagaimana kita bisa membuat subdomain blogspot tanpa cpanel. Ini berarti kita hanya membeli sebuah domain saja tanpa satu paket dengan sebuah hosting.

Ini adalah satu hal yang menarik, tanpa hosting tapi bisa membuat subdomain blogspot. Anggap saja ini sebuah cara untuk membuat banyak blog dengan modal 1 buah domain saja. Ini adalah harga yang cukup hemat dan murah. Bagaimana teman – teman penasaran dengan cara yang akan dibahas ini?

Cara Mudah Membuat Subdomain di Blogspot

  1. Kita harus buat terlebih dahulu sebuah blog di blogger dan tentu saja dengan subdomain .blogspot.com. Bagaiman cara? Teman – teman bisa ikuti cara memulai sebuah blog di blogspot.
  2. Setelah kita buat blognya maka kita mengarah ke menu setting dari blogspot. Teman – teman bisa lihat digambar di bawah ini.
  3. Setelah itu arahkan ke menu basic. Apa yang akan kita temukan di menu tersebut? Kita bisa melakukan setting untuk custom domain di blogspot.setting basic custom domain
  4. Sekarang saatnya kita melakukan custom domain dengan cara klik pada bagian “Set up a third-party URL for your blog”. Kita akan menemukan sebuah setting untuk memasukkan subdomain yang akan kita buat menggunakan domain yang ada. Sebagai contohnya ketik store.cuitanwanita.web.id sebagai subdomain blogspot dan klik save atau simpan. Kita akan mendapatkan halaman dengan beberapa code yang dibutuhkan.memasukkan subdomain
  5. Setelah itu sekarang kita masuk ke dashboard menu dari penyedia domain yang kita miliki. Lalu pilih DNS Manager untuk melakukan custom subdomain untuk blogspot.
  6. Apa saja yang harus kita lakukan setting untuk menggunakan custom subdomain ini? Ingat dengan code yang kita dapatkan pada langkah 4, nah itu yang akan kita gunakan pada langkah ini. Pada tahap ini juga kita masukkan IP address Google yaitu 216.239.32.21, 216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21.memasukkan subdomain di dns management
  7. Sekarang kita tunggu maksimal 1×24 jam supaya subdomain yang kita daftar di DNS Managemen tersebut bisa untuk diakses. Setelah kurang lebih 1×24 jam, kita menuju ke setting blogspot dan pilih basic setting. Masukkan kembali subdomain yang telah kita masukkan sebelumnya dan harus sama persis namanya ya. Setelah itu pilih simpan dan blog kita siap untuk menggunakan subdomain blogspot.sudah bisa membuat subdomain blogspot

Kita sudah selesai melakukan custom subdomain blogspot. Ada hal yang perlu diingat ketika kita melakukan custom subdomain blogspot. Apakah itu? Jangan diberikan tanda checklist pada kotak merah.

yang harus di perhatikan ketika custom subdomain

Terima kasih sudah mengunjungi blog Ikirangga. Semoga artikel yang kita share di sini berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here