Home Ikirangga Tutorial Android Tutorial Cara Mudah Mematikan Update Otomatis Google Play Store

Cara Mudah Mematikan Update Otomatis Google Play Store

cara stop update otomatis google play store android

Android adalah sebuah sistem operasi smartphone yang sudah banyak digunakan di dunia ini. Bisa dikatakan bahwa android hampir dipakai oleh semua vendor atau produsen smartphone saat ini. Hal ini disukai karena Android bersifat Open Source sehingga para produsen smartphone bisa customize secara mandiri.

Untuk urusan aplikasi, Android banyak didukung oleh developer – developer yang di seluruh dunia. Mereka membuat aplikasi berdasarkan kebutuhan pasar tentunya dan disajikan di dalam Google Play Store. Google Play Store adalah toko aplikasi yang dimiliki oleh Google, mirip seperti Apple dengan App Storenya yang terinstall di iPhone. Ada aplikasi yang gratis dengan konsekuesi adanya iklan di dalamnya dan ada juga aplikasi berbayar, tentunya tanpa iklan.

Untuk memanjakan para pengguna Android diseluruh dunia, Google menanamkan sejumlah fitur. Apa saja fitur – futur tersebut? Fitur – fitur yang disematkan Google antara lain aplikasi update otomatis atau auto-update apss, parental control, dan masih banyak lagi.

Ada satu fitur yang menarik menurut saya yaitu fitur auto-update apps atau fitur aplikasi otomatis update. Terkadang dibutuhkan oleh sebagian orang tapi kadang merepotkan bagi sebagian orang. Baiklah kita akan bahas mengenai fitur ini dan bagaimana cara menanggulanginya termasuk cara mematikan fitur update otomatis ini.

Apakah fitur update otomatis Google Play Store?

Fitur update otomatis adalah sebuah fitur yang mengijinkan Google Play Store untuk melakukan update aplikasi android tanpa perintah dari user. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna atau user smartphone android tidak perlu memeriksa satu per satu mana aplikasi yang butuh untuk di update atau belum. Google melalui sistem operasi android membuat mudah segala sesuatunya untuk user.

Apakah dampak dari fitur update otomatis?

Semua hal tentunya di dunia ini mempunyai dampak yang langsung terhadap pengguna. Hal ini juga berlaku untuk sistem update otomatis ini terhadap pengguna atau user dari smartphone android. Mengapa? Karena ada 2 hal yang ditimbulkan yaitu positif dan negatif.

Hal yang positif :

  • Pengguna tidak usah memeriksa aplikasi atau software mana yang perlu untuk diupdate.
  • Update aplikasi mengikuti jadwal dari developer aplikasi atau game yang ada di Google Play Store.
  • Aplikasi atau game yang terinstall di smartphone android tentu saja akan selalu up to date dan ketinggalan fitur baru jika ada update.

Hal negatif :

  • Paket data internet yang kita miliki akan cepat habis dan tidak terkontrol.

Mengapa saya masukkan sebagai hal negatif untuk update otomatis ini? Karena hal ini membuat orang menjadi bingung dan merasa kuota internetnya di curi dan habis sendiri. Padahal yang menjadi penyebabnya adalah fitur update otomatis di Google Play Store.

Langkah mematikan update otomatis Google Play Store

Berikut ini kita akan membahas bagaimana cara atau langkah untuk mematikan update otomatis Google Play Store. Langkah – langkah ini sangat mudah untuk diikuti dan dipraktekkan tentunya di Google Play Store sahabat ikirangga. Bagaimana ya, saya belum pernah utak-atik settingan android dari sejak beli? Tenang saja, perubahan settingan ini hanya untuk mematikan update otomatis saja kok.

  1. Pastikan Google Play Store telah terinstall di smartphone android kita. Mengapa demikian? Karena dari sinilah kita akan melakukan perubahan setting update otomatisnya.aplikasi google play store sudah terinstall di smartphone android
  2. Sekarang kita buka aplikasi Google Play Store yang telah diinstall. Sekarang kita arahkan sentuhan ke logo garis tiga di sebelah kanan kolom pencarian.klik menu di google play store
  3. Setelah kita klik logo garis tiga yang berada di sebelah kanan kolom pencarian. Di sana akan tampak menu setting untuk mengatur Google Play Store. menu auto-update apps
  4. Pada menu “auto update apps” kita klik dan akan muncul pilihan untuk tidak update otomatis aplikasi yang telah di install. Sekarang kita pilih opsi “Don’t auto-update apps”.pilih don't auto-update apps untuk mematikan auto-update

Sekarang kita sudah bisa mematikan update otomatis Google Play Store dengan mengikuti langkah – langkah di atas. Tidak akan lagi khawatir jika tiba – tiba merasa kehilangan kuota internet padahal tidak melakukan download. Ternyata masalahnya ada pada auto-update di Google Play Store.

Oya saya terinspirasi dari blog amtread yang membahas tentang update otomasti dan hal ini juga sebenranya menimpa saya ketika menggunakan smartphone android.

Terima kasih sudah mengunjungi Ikirangga Blog. Saya harap artikel yang tersaji disini bisa membawa manfaat bagi kita semua. Teman – teman juga bisa bantu share di sosial media jika artikel ini berguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here