Cara mengatasi hide partition dan status invalid disk0

Kebetulan saya sedang melakukan eksperimen di laptop saya yang satu lagi dan tiba – tiba saya restart dan tampil missing operating system, ini membuat saya bingung, apa yang harus saya lakukan dan membuat saya mencari ke sana kemari cara untuk mengatasinya di dunia maya ini hahahaha…. masalah kedua adalah invalid disk. Saya jadi deg-deg lihat case ini karena saya belum pernah menghadapi hal yang seperti ini. Kira – kira gambar yang tampil seperti yang dibawah ini, siapa yang tidak panik hayo ngaku… Untung ini bukan laptop utama jadi saya agak tenang sedikit. Masih ada untungnya juga ya, dasar orang Indonesia, gak ada yang rugi, walaupun rugi tetap ada untungnya.

Case Pertama

Masalah missing operating system adalah masalah pertama yang sudah selesai. Kok bisa mengalami missing operating system ini? Saya berasumsi bahwa partisi telah ter-hidden secara tidak sengaja. Mengapa saya berfikir demikian? Saya berfikir untuk install ulang dengan menggunakan installer Windows 10 Pro yang telah saya buat sebelumnya dan apa yang terjadi? Benar saja partisi tidak terbaca. Saya google dengan keyword unhidden partition windows 10, saya menggunakan kata kunci bule supaya solusinya lebih cepat terbaca sama google dan saya dapat di salah satu blog berbahasa inggris yaitu di defaultreasoning.

  1. Masukkan installer Windows ( bisa 10, 8, 7 ) kemudian klik next ketika sudah muncul tampilan installer yang ada tulisan bahasanya.
  2. Klik repair your computer. Ini berguna untuk masuk ke menu troubleshot
  3. Setelah masuk menu troubleshot, kita pilih advance option untuk memilih command prompt
  4. Dari command prompt inilah kita mulai bisa melakukan repair disk kita.
  5. Mulai masuk ke Start DiskPart dengan cara menuliskan DISKPART di command prompt tadi lalu akan muncul DISKPART> selanjutnya tuliskan DISKPART>select disk0
  6. Untuk menampilkan partisi dengan cara DISKPART> list partition dan jika sudah tampil bisa menuliskan DISKPART> select partition 1
  7. Ketik DISKPART> detail partition dan akan tampak bahwa partisi ini hidden. Bagaimana cara mengubahnya? Ketik DISKPART> set id = 07 override
  8. Jika berjalan lancar maka akan ada tulisan seperti ini “Diskpart successfully set the partition ID.
  9. Selesai.

Apakah case pertama telah selesai? Jika di laptop saya belum selesai karena setelah di restart, hardisk belum bisa booting dan asumsi saya bahwa data telah error dan harus di install ulang tapi jika teman – teman dengan melakukan cara di case pertama sudah bisa booting maka case kedua tidak usah dijalankan. Yok lanjut ke case kedua yang saya alami.

Case Kedua

ilustrasi : sevenforum.com

Saya kira setelah masalah pertama selesai, tidak ada masalah lagi dan hardisk sudah langsung bisa booting ke hardisk. Setelah itu kembali ada masalah di status invalid untuk disk 0, timbul masalah lagi ini berarti bagaimana cara untuk mengatasinya? Saya kembali berkelana di dunia internet dan mendapatkan di salah satu forum microsoft, social technet microsoft. Hal ini ketahuan ketika kita melakukan pengecekan menggunakan diskpart dan akan tampak tampilan seperti di bawah ini :

Jika kita mau menanggung dengan kehilangan data yang tersimpan di dalam hardisk tersebut bisa dengan melakukan hal di bawah ini dan membuatnya menjadi online kembali :

Setelah saya melakukan langkah tersebut, maka disk 0 akan kembali menjadi active. Peristiwa invalid ini terjadi karena ada bad sector yang ada di hardisk kita.

Untuk tahapan pengoperasiannya sama seperti case pertama yaitu dari langkah 1 -5, yang berbeda hanya pada langkah 6 yaitu menggunakan langkah – langkah yang tertera pada case kedua.

Sekian dari saya tentang Cara mengatasi status invalid disk0, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *