Home Ikirangga Tutorial Blogging Cara Mendapatkan Domain Dengan Harga Terjangkau

Cara Mendapatkan Domain Dengan Harga Terjangkau

Berbicara tentang cara membuat sebuah blog di blogger akan mengarahkan kita ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu menggunakan custom domain untuk blog kita tersebut. Dengan menggunakan nama domain yang kita beli sendiri akan menjadi lebih pendek, unik dan tambah ganteng blog kita.

Dari tadi kita membicarakan tentang domain ini, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan domain? Menurut Wikipedia, domain adalah sebuah nama unik yang diperuntukkan untuk nama server komputer. Hal ini akan mempermudah pengguna internet melakukan akses ke blog atau website yang kita kelola karena alamat server itu berupa alamat IP yang susah untuk diingat.

Ada berapa macam domain yang bisa kita gunakan untuk blog di blogger? Ada banyak ragam ekstensi domain yang bisa kita gunakan seperti .com, .net, .id, .info, .us, .asia, dan masih banyak lagi. Jadi saya harus memilih domain apa yang bagus untuk custom blogger saya? Kita ambil secara umumnya saja ya, teman – teman bisa memilih domain yang berekstensi .com. Timbul pertanyaan lagi berapa harga beli domain itu? sebagai contohnya harga domain .com. Seperti yang telah saya beli di dewaweb, harga sebuah domain .com itu Rp 120 ribu saja tapi belum termasuk pajak ya sekitar 10% jadinya sekitar Rp 132 ribu. Terasa berat ya teman – teman?

Cara Mendapatkan Domain Dengan Harga Terjangkau

Ini adalah hasil obrolan sama istri terkait dengan tips membeli domain yang tidak memberatkan kantong kita sebagai pemula di blogger. Sebelum memulai tips ini teman – teman harus menanamkan dalam diri sesuatu yang dinamakan sabar. Tips jitu itu adalah menabung. Mengapa menabung? Karena dengan cara menabung kita bisa mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk membeli sebuah domain. Bagaimana ilustrasi menabungnya?

1 tahun adalah 360 hari, 1 tahun adalah 12 bulan dan 1 bulan adalah 30 hari. Saya sarankan teman – teman untuk menabung Rp 10 ribu – Rp 20 ribu saja dalam 1 bulan, susah tidak teman – teman menabung dengan cara ini? Jika tidak berat, kita lanjut ke langkah selanjutnya.

1 bulan adalah 30 hari dan dalam 30 hari teman – teman hanya menabung untuk Rp 10 ribu – Rp 20 ribu berarti dalam 1 hari teman – teman menabung hanya Rp 333,333 (kita anggap Rp 350) per hari jika target Rp 10 ribu dalam 1 bulan dan Rp 666,666 (kita anggap Rp 700) per hari jika target teman – teman Rp 20 ribu dalam 1 bulan. Dibawah ini ada ilustrasi sederhana yang saya coba buat dalam bentuk excel.

Bagaimana teman – teman mudah bukan mendapatkan domain .com dalam 1 tahun? Hanya dengan menabung Rp 350 atau Rp 700 per hari sudah bisa membeli sebuah domain .com. Kekurangan menabung Rp 10 ribu per bulan dalam 1 tahun adalah teman – teman butuh sekitar Rp 10 ribu rupiah lagi untuk menggenapkan pembelian domain .com. Bagaimana dengan Rp 20 ribu per bulan? Teman – teman akan mendapatkan Rp 252 ribu dan ini adalah jumlah yang lebih dari cukup untuk membeli domain .com. Sekarang teman – teman sudah bisa mengganti domain blogger dengan custom domain .com dan menjadi lebih profesional blognya.

Bagaimana dengan tahun depan? Teman – teman bisa ulangi siklus menabung tersebut untuk mengumpulkan uang untuk memperpanjang domain yang telah dibeli.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

2 COMMENTS

  1. Wah saya diajarin cara menabung yang baik gan hehe jadi enteng ya kalo diitung perhari..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here