Cara membuat bootable linux dengan startup disk creator

Sebelumnya saya sudah share software untuk membuat bootable usb dengan menggunakan YUMI yang berlaku untuk Windows dan Linux juga untuk user yang menggunakan Windows. Bagaimana dengan linux? Kita bisa menggunakan startup disk creator bagi kita sudah menggunakan Linux khususnya linux Ubuntu dan kita ingin membuat installer via Flash drive untuk kita gunakan menginstall laptop/netbook yang tidak punya dvd rom? Nah cara ini bisa kita gunakan untuk menjawab hal itu.

Pertanyaan selanjutnya, apakah ini membutuhkan software/aplikasi pihak ketiga yang harus kita install terpisah? Jawabanya tidak. Mengapa? Karena di Ubuntuk sudah menyertakan untuk itu semua, namun kita yang sifatnya terima jadi dan tinggal pakai saja tidak akan sadar akan keberadaan software/aplikasi tersebut. Apakah saya sadar akan keberadaannya walaupun saya sebelumnya sudah pernah install sendiri? Sama, saya juga tidak tahu sebelumnya :D.

Persiapan :

  1. File image ubuntu, dalam hal ini saya menggunakan Ubuntu 18.04 LTS
  2. Flash Drive minimal kapasitas 4 GB
  3. Linux Ubuntu yang sudah berjalan di PC/Laptop

Eksekusi pembuatan installer Ubuntu Linux dengan menggunakan Ubuntu

  1. Colokkan Flash Drive yang kita punya tadi
  2. Tempatkan file image Ubuntu 18.04 LTS di tempat yang mudah terjangkau, saya sarankan taruh di desktop atau di document.
  3. Jalankan startup disk creator lalu akan nampak flash drive kepunyaan kita.
  4. Klik other lalu arahkan ke file image ubuntu yang kita punya.
  5. Setelah persiapan tersebut selesai maka kita klik Make startup disk dan kita akan ditanya apakah flash drive akan di format, pilih saja yes jika sudah yakin.
  6. Proses akan berjalan sampai dengan 100% dan flash drive siap digunakan.

Sekian dari saya tentang Cara membuat bootable linux dengan startup disk creator, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.