Cara install software Windows di MacOS dan Linux

Windows adalah sistem operasi sejuta umat yang dipakai hampir oleh seluruh manusia di bumi ini sehingga banyak developer yang mengembang software/aplikasi yang berjalan di sistem operasi ini. Namun ada juga beberapa persen orang yang tidak menggunakan Windows sebagai sistem operasi utama, minimal dia tidak menggunakannya di rumah tapi menggunakan Windows hanya di kantor saja dan tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang kita butuh software yang hanya berjalan di platform Windows saja. Kita butuh software yang membantu kita untuk bisa menjalankan software/aplikasi tersebut tanpa install Windows.

Software apa yang bisa membantu kita untuk menjalankannya? Hmmm jawabanya hanya 1 kata yaitu PlayOnMac untuk kita pengguna Mac dan PlayOnLinux bagi kita penguna Linux. Jadi PlayOnMac dan PlayOnLinux ini terintegrasi dengan Wine sebagai virtual drive yang telah lama dikenal sebelumnya tapi saya agak bingung ketika menggunakan Wine ini. Kita tidak usah bahas Wine ya, biar PlayOnMac dan PlayOnLinux saja yang membantu kita menggunakannya.

Lalu bagaimana cara menggunakan kedua software ini di MacOS dan Linux? Penggunaannya semudah kita melakukan install software/aplikasi di Windows saja, tinggal klik dan klik lalu next saja. Mudah ya ternyata :D. Oya untuk diingat bahwa kita di PlayOnMac & PlayOnLinux membuat sistem virtual drive yaitu virtual PC jadi buat 1 saja cukup untuk install berbagai macam aplikasi yang ada, nanti perhatikan step by stepnya ya.

Tahap Persiapan

  1. Download terlebih dahulu PlayOnMac dan PlayOnLinux
  2. Siapkan software/aplikasi Windows yang akan kita install

Tahap Eksekusi

Cara 1

  1. Download terlebih dahulu software atau aplikasi yang akan kita install, sebagai contoh saya akan menggunakan Notepad++ ( Freeware )
  2. Klik kanan pada software/aplikasi yang akan kita install lalu pilih open with PlayOnMac. Nah untuk cara ini, kita akan otomatis dibuatkan virtual drive yang baru.
  3. Tunggu beberapa saat, lalu akan ada perintah untuk membuat nama program yang akan diinstall.
  4. Kemudian proses install akan berjalan seperti layaknya di Windows dengan tampilan yang sama.
  5. Tunggu hingga proses selesai, apakah proses sudah selesai? tentu saja belum
  6. Tutup aplikasi yang telah dibuka lalu akan membaca virtual drive dan akan ada tawaran untuk membuat shortcut, pilih aplikasi/software notepad++ dan next sampai terbentuk software, proses selesai.

Cara 2

  1. Buka aplikasi PlayOnMac yang telah dinstall terlebih dahulu dan pilih install
  2. Lalu akan muncul ni kita akan di arah ke daftar aplikasi yang telah mereka buat dalam bentuk store tapi karena kita akan install di luar store itu maka kita pilih install a non listed program.
  3. Kita akan diarahkan ke manual installation, nah dibagian ini nanti yang akan diharuskan untuk membuat sendiri nama virtual drivenya.
  4. PlayOnMac/PlayOnLinux akan melakukan konfigurasi terhadap virtual drive yang telah kita buat tadi sehingga nantinya akan muncul tampilan Wine HQ.
  5. Akan muncul jendela konfirgurasi jika teman – teman ingin menlakukan konfigurasi, jika saya lebih memilih default saja alias tidak ada yang saya ubah – ubah.
  6. Menentukan jenis Windows 32bit atau 64bit, pilih salah satu saja, jika saya lebih memilih 32bit saja.
  7. Setelah akan muncul tampilan yang ada tombol browse lalu klik tombol tersebut dan arahkan software apa yang akan diinstall.
  8. Akan muncul tampilan software yang akan kita install setelah dikenali oleh PlayOnMac/PlayOnLinux.
  9. Langkah selanjutnya sama dengan cara 1 mulai dari langkah 4 sampai dengan selesai yaitu proses install software Windows.

Lumayan panjang juga ya langkah – langkahnya :D. Mengapa saya buat 2 cara? Supaya teman – teman tidak bingung nantinya jika sebenarnya virtual drive itu bisa satu kali saja menentukannya dan tidak harus berkali – kali sehingga 5 software hanya butuh 1 virtual drive saja.

Sekian dari saya tentang Cara install software Windows di MacOS dan Linux, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.