Cara disable GateKeeper di MacOS

Ketika sudah melakukan update di MacOS Sierra atau High Sierra, ada sesuatu yang hilang dan bahkan tidak nampak sama sekali yaitu pilihan Anywhere untuk permission aplikasi yang memang tidak kita download dari App Store. Di macOS yang terbaru ini, Apple mencoba membuat keamanan dengan menambahkan GateKeeper sehingga menyembunyikan menu yang tadi kita bahas.

Bingung? Dimana itu letaknya? Oya buat yang belum pernah lihat bentuk dari menu ini, bisa melihat di akhir tutorial. Saya akan memberitahu letak untuk melihatnya dan di situ tampak menu yang tadi kita bahas tidak ada serta sangat berbeda ketika kita memakai MacOS yang sebelumnya, letaknya persis di bawah App Store and indentified developers. Tentu Apple mengaktifkan fitur ini bukan tanpa alasan, tujuannya sebenarnya baik yaitu untuk menjaga keamanan pengguna.

  1. Klik System Preference
  2. Klik Security & Privacy
  3. Di sini kita akan melihat tampilan yang saya bicarakan tadi.

Nah yang akan kita bahas sebentar lagi adalah cara supaya kita bisa memunculkan menu Anywhere

  1. Buka terminal di MacOS kita ( Applications/Utilities )
  2. Setelah terminal muncul, maka kita bisa menuliskan perintah seperti ini : sudo spctl –master-disable
  3. Klik Enter lalu kita masukkan password MacOS dan selesai.

Maka GateKeeper yang tadinya di aktifkan oleh pihak Apple telah kita non-aktifkan. Sekarang kita bebas memasukkan software dari luar ( non AppStore ke dalam MacOS kita ). Saran saya, walaupun hal tersebut telah kita lakukan, tetaplah berhati – hati dengan malware yang mungkin bisa menyerang.

Sekian dari saya tentang Cara memunculkan menu Anywhere di Security & Privacy, semoga yang saya tuliskan dan share di blog ini berdasarkan pengalaman saya bisa berguna untuk kita semua.

Mau selalu update berita dari ikirangga[dot]com, teman – teman bisa follow twitter & facebook fan page ikirangga[dot]com.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *