Home Ikirangga Tutorial Blogging 3 Cara Mudah Menggunakan WordPress Classic Editor di WordPress 5

3 Cara Mudah Menggunakan WordPress Classic Editor di WordPress 5

editor classic wordpress

WordPress sudah melakukan update engine menjadi yang terbaru yaitu WordPress 5. Tentu saja WordPress melakukan banyak perubahan dan update untuk WordPress 5 ini. Seperti yang telah saya tulis sebelumnya tentang beberapa plugin yang berguna untuk pengguna Worpdress 5.

Salah satu plugin yang berguna itu adalah Classic Editor. Mengapa saya katakan ini adalah salah satu plugin yang sangat berguna bagi pengguna WordPress 5? Karena WordPress 5 menggunakan gutenberg editor secara defaults sebagai editornya. Sejujurnya saya masih merasa kesulitan menggunakan Gutenberg editor ini sehingga Plugin Classic Editor ini sangat berguna bagi saya yang sedang beradaptasi dengan Gutenberg WordPress editor.

Classic Editor ini adalah plugin yang langsung dirilis oleh tim developer WordPress. Mungkin mereka menyadari bahwa masih banyak pengguna yang belum terbiasa dengan editor Gutenberg ini.

  1. Install Plugin Classic Editor dari Plugin menu yang ada di menu sebelah kanan dari dashboard WordPress. Selain dari Plugin menu, teman – teman bisa juga mendapatkannya Classic Editor langsung dari situs WordPress.classic editor di plugin manager
  2. Setelah Plugin Classic Editor terinstall di WordPress, kita sekarang menuju ke menu Setting dan pilih Writing untuk melakukan setting editor default yang akan dipakai. Pilih Classic Editor sebagai default editor yang akan kita pakai sehari – hari.setting di pengaturan wordpress
  3. Setelah itu kita akan menemukan hanya Classic Editor yang ada di dalam halaman postingan blog WordPress. Hal ini sama seperti yang akan kita temukan pada saat sebelum melakukan update di WordPress 5.classic editor di postingan blog

Bagaimana teman – teman untuk Classic Editor ini? Makin memudahkan kita untuk melakukan posting walaupun menggunakan WordPress 5. Jika masih bingung kita bisa diskusikan di sini bersama.

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Ikirangga. Saya harap artikel yang disajikan di blog ini berguna untuk teman – teman. Oya sahabat juga bisa share artikel ini di sosial media seperti facebook, twitter dan media sosial yang lain. Teman – teman juga bisa mengunjungi Fan Page Facebook Ikirangga dan Channel Youtube Ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here