8 Tahap Split File Menggunakan HJSplit

Sebelumnya ikirangga sudah membuat artikel tentang HJSplit Untuk Split File di Windows. Ini hanya untuk Windows saja ya? Iya. Bagaimana dengan pengguna macOS? Kita bisa menggunakan HJSplit for macOS. Nanti kita akan bahas step by step untuk macOS dan sekarang yang kita bahas untuk Windows saja terlebih dahulu.

Sekarang timbul pertanyaan, bagaimana sih cara menggunakan HJSplit ini untuk split file atau memecah file dalam beberapa bagian? Apakah susah menggunakan software HJSplit ini? Jawaban tidak susah.

8 Tahap untuk split file menggunakan HJSplit

  1. Siapkan terlebih dahulu file yang akan kita split menjadi beberapa bagian, di sini saya akan menggunakan file dotNetFx.exe sebesar 49.268 KB (49 MB)
  2. Buka file HJSplit yang telah kita cari tadi.
  3. Lalu pilih menu split dan akan muncul kotak lain yang menentukan di mana file yang akan kita split sebagai input file.
  4. Lalu pilih Input File dan akan tampak jendela lain yang mengarahkan kita dimana letak file yang akan kita split.
  5. Setelah file tersebut di pilih maka kita masukkan ukuran file setiap split file yang akan dihasilakan nantinya. Jika ukuran 49 MB (49.268 KB) jadi bisa di bagi 2 atau 4 atau sesuai keinginan, misal size 49 MB (49.268 KB) dibagi 5 bagian dan setiap file akan menjadi sekitar 9 MB-an (9.854 KB).
  6. Setelah itu klik Start dan kita tinggal menunggu proses Split dari file tersebut.
  7. Setelah ditunggu akhirnya selesai juga dan akan muncul pop up bahwa proses telah selesai.
  8. Sekarang kita sudah mendapatkan file yang telah di split menjadi 5 bagian dengan kode .001 sampai .005.

File – file tersebut sudah bisa di kirim melalui email atau file sharing yang lain dengan lebih ringan karena telah terbagi dalam beberapa bagian. Setidaknya usaha untuk uploadnya lebih ringan dan gak nangis kalo uploadnya gagal karena terbagi dalam 5 bagian.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *