Home Ikirangga Tutorial 5 Langkah Mudah Mengatasi macOS Sierra.app Application is Damaged

5 Langkah Mudah Mengatasi macOS Sierra.app Application is Damaged

26
0

Beberapa bulan yang lalu ketika ikirangga akan melakukan install di Macbook Pro menggunakan installer macOS USB yang baru dibuat dengan menggunakan macOS yang telah ada. Proses pun selesai dengan tanpa error. Ini berarti bahwa flashdisk macOS yang telah dibuat tersebut sudah siap untuk digunakan.

Saatnya menancapkan Flashdisk tersebut di macbook pro dan seperti biasa, hidupkan macbook pro sambil menekan Option di keyboard lalu muncullah pilihan untuk memilih boot pertama dari installer yang sudah kita buat tadi. Semua berjalan dengan baik hingga ketika menjalankan installer tersebut muncullah command seperti ini “This copy of the Install macOS Sierra.app application is damaged, and can’t be used to install macOS”. Sempat panik juga sih teman – teman, pertama berfikir jika ikirangga salah dalam pembuatan installer macOS.

Akhirnya ikirangga membuat ulang lagi installer flashdisk tesebut dan dicoba lagi lalu muncul lagi command seperti itu lagi. Agak bingung saja, apa yang membuat hal ini bisa terjadi? Ikirangga mencoba untuk mencari jawaban dari beberapa forum melaluipencarian di mbah Google dan menemukan solusinya dari forum Apple. Ternyata solusi cukup simpel dan ikirangga yakin tidak semua orang berfikir tentang cara ini.

Apakah solusi yang ikirangga dapat untuk masalah di atas? Yang harus kita lakukan adalah dengan delete file yang bernama InstallInfo.plist yang ada di dalam installer macOS. Sebenarnya ikirangga juga bingung mengapa file yang secara official di sertakan oleh Apple tetapi malah file ini menyebabkan gagalnya installer untuk dieksekusi. Hilangkan semua kebingungan tersebut dan mulai untuk menjalankan cara yang ikirangga dapat di forum apple tersebut.

Langkah – langkah untuk menghapus InstallInfo.plist

1. Sekarang kita menuju ke Folder Application dan temukan macOS Installer, di contoh ini ikirangga memberi contoh macOS Installer Sierra.

2. Selanjutnya klik kanan pada macOS Installer dan klik “Show Package Contents”, selanjutnya temukan folder bernama “Content”.

3. Di dalam folder “Content” yang telah dibuka tadi kemudian kita akan menemukan folder yang bernama “SharedSupport” lalu buka folder tersebut.

4. Di dalam folder”SharedSupport” kita akan menemukan file yang bernama “InstallInfo.plist” karena file ini adalah file official ketika kita akan delete file tersebut secara otomatis dibutuhkan password administrator.

5. Coba gunakan kembali installer macOS yang telah kita modifikasi tersebut.

Akhirnya ikirangga mencoba kembali installer macOS yang telah dihapus file InstallInfo.plist. Alangkah senang ketika installler tersebut bisa digunakan untuk install macOS ke Macbook Pro.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here