Home Ikirangga Tutorial 6 Langkah Mudah Write & Read Format NTFS di macOS

6 Langkah Mudah Write & Read Format NTFS di macOS

Cara write & Read NTFS di macOS

Mayoritas pengguna macOS yang baru akan kebingunan ketika mau meng-copy data dari storage macOS ke hardisk format NTFS. Kok mengapa tidak bisa di copy datanya ya? Apakah hardisk saya yang rusak sehingga tidak mau di copy file dari laptop ke hardisk? Itu semua adalah sebuah pertanyaan yang wajar teman – temanku.

Sebenarnya jika kita adalah pengguna lama macOS yang tidak baru lagi (jika dibilang lama, tidak terlama juga, contohnya saya…. ah sudahlah tidak usah dipikirkan ya hahahaha….). Baiklah kita kembali ke topik. Pengguna lama akan langsung berfikir, ini butuh sebuah software atau aplikasi yang bisa menjadi jembatan antara format NTFS dan macOS yang tidak bisa membaca format tersebut.

Cara write & Read NTFS di macOS

Langkah menuju kebisaan untuk membaca format NTFS 😀

  1. Download aplikasi yang bisa digunakan untuk write and read NTFS format, di sini saya menggunakan Tuxera atau paragon. Saya sudah tulis di artikel saya yang sebelumnya tentang software untuk membaca format NTFS. Pilih salah satu.
  2. Install Tuxera atau Paragon sesuai petunjuk masing – masing software tersebut. Setelah selesai Tuxera atau Paragon akan muncul di menu System Preferences.
  3. Buka di System Prefrences dan lakukan aktivasi salah satu software tersebut karena kedua software ini tidak free alias software berbayar.
  4. Coba colokkan hardisk external yang berformat NTFS, semoga bisa write and read hardisk dengan format NTFS.
  5. Selesai misi kita kali ini.

Akhir bisa juga kita membaca format hardisk yang tidak “diterima” oleh macOS dan butuh bantuan dari pihak ketiga.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here