Home Ikirangga Tutorial Android Tutorial 6 Langkah Mudah Menyembunyikan Folder di Android

6 Langkah Mudah Menyembunyikan Folder di Android

cara hidden folder di smartphone android

Rahasia adalah sesuatu yang harus kita sembunyikan dan tidak bisa diketahui oleh orang lain. Jika di laptop atau pc kita bisa mengaktifkan fitur hidden folder di menu properties dari sebuah folder.

Stop bicara tentang Windows…… karena kita akan membahas tentang smartphone android. Apakah di smartphone android kita bisa melakukan hal yang sama seperti Windows? Bisa sahabat. Kita bisa melakukan hidden folder dengan menggunakan aplikasi File Commander atau aplikasi file manager yang lainnya.

File Commander ini hanya sebagai media untuk mengetahui di mana letak folder yang akan disembunyikan saja. Lalu bagaimana caranya? Cara yang akan kita lakukan ini terbilang simpel karena tidak butuh keahlian khusus.

Persiapan

  1. Siapkan smartphone android sahabat, bagaimana jika tidak punya smartphone android? Mungkin sahabat bisa pinjam dengan kakak, abang atau teman sekolah.
  2. Smartphone android sudah ada lalu kita install File Commander di smartphone android. Perhatian : jika smartphone androidnya pinjam sebaiknya minta ijin kepada pemiliknya ya.
  3. File yang kita sembunyikan bersama foldernya.

Ekseskusi

Tahapan persiapan sudah kita lalui yaitu mulai dari pernyiapan smartphone android, install file commander hingga menyiapkan file yang akan disembunyikan. Sekarang kita eksekusi tutorial ini ya sahabat.

  1. Buka storage internal atau external yang ada di smartphone android kita ya sahabat. Di sini saya mencontohkan dengan menggunakan File Commander.
  2. Setelah File Commander telah terbuka maka pilih internal storage atau external storage yang ada di smartphone android kita.storage android
  3. Buka pada bagian setting dan aktifkan show and hidden folder. Mengapa saya sarankan untuk mengaktifkan fitur ini? Supaya kita bisa tahu folder yang akan kita hidden atau sembunyikan.mengubah show hidden
  4. Sekarang kita masuk ke salah satu storage, kita bisa membuat sebuah folder dengan menambahkan tanda titik di depannya, misalnya kita beri nama .folder.membuat nama folder yang dihidden
  5. Setelah selesai dibuat folder tersebut, sahabat bisa kembali ke menu setting dan non-aktifkan fitur show and hidden folder.mengubah show menjadi hidden
  6. Apa yang akan terjadi sahabat? Folder yang telah kita buat tadi akan menghilang dari peredaran dan kita tidak bisa mengaksesnya dengan cara biasa. Apakah berpengaruh terhadap file yang ada di dalamnya? Tentu saja, file yang di dalam folder tersebut akan ikut “hilang” alias tersembunyi.there is no hidden folder anymore

Bagaimana sahabat? Mudah bukan cara menyembunyikan folder di smartphone android. Hal ini berguna untuk meyembunyikan file – file yang bersifat rahasia sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya :D. Jika folder tersebut sudah terbentuk maka sahabat sudah bisa mengisi dengan file – file yang akan dihidden.

Terima kasih sahabat untuk kunjungan di blog ikirangga ini. Semoga artikel yang telah disajikan bermanfaat untuk dipraktekan di rumah. Yang perlu diingat gunakan untuk hal – hal yang baik saja dan jangan kunjungi fan page ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here