5 Tahap Compress Video Menggunakan Handbrake

Apa yang kita rasakan ketika kita akan melakukan upload sebuah video ke jejaring sosial, misalnya youtube, facebook atau twitter? Salah satunya dan menjadi permasalahan pertama adalah ukuran video yang besar. Mengapa menjadi masalah? Karena tidak semua dari kita memiliki bandwith yang cukup untuk melakukan upload video yang terlalu besar dan juga harus melihat website tempat kita akan melakukan upload, apakah mengijinkan file besar atau file dengan ukuran tertentu saja yang boleh.

Kita bisa menggunakan aplikasi handbrake untuk melakukan compress video tersebut. Apakah ada tutorial handbrake? Tentu saja ada. Ini ikirangga akan share bagaimana cara compress video menggunakan Handbrake. Di sini ikirangga akan membagi menjadi 2 bagian untuk tutorial compress video menggunakan Handbrake yaitu persiapan dan proses memperkecil videonya.

Persiapan sebelum melakukan compress video

  1. Siapkan file yang akan dikecilkan ukurannya.
  2. Download aplikasi Handbrake

Proses compress ukuran video

  1. Buka aplikasi handbrake yang telah kita download dari halaman resmi tadi dan tentu saja sudah diinstall ke folder Applications.
  2. Pilih Open Source lalu kita pilih video mana yang akan kita compress ukurannya sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.
  3. Setelah video tersebut dipilih, kita bisa langsung melakukan customize setting supaya membuat compress video ini berhasil menggunakan Handbrake.
  4. Pilih Start lalu proses compress akan berjalan. Tunggu hingga proses tersebut selesai dan didapatkan file yang telah dicompress.
  5. Compress video telah didapatkan dan sekarang kita akan membandingkan besar file yang telah dicompress. Terdapatkan perbedaan besar file yang cukup signifikan.

Ternyata tidak susah ya melakukan compress video, dengan 5 langkah tersebut teman – teman sudah bisa melakukan compress video dengan handbrake. Hal yang perlu diingat dalam compress video dengan handbrake adalah jangan terlalu ekstrim dalam melakukan compress, mengapa? Supaya tidak membuat video tersebut pecah dan tidak bagus.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *