Home Ikirangga Tutorial Android Tutorial 5 Langkah Mudah Menggunakan Android Device Manager

5 Langkah Mudah Menggunakan Android Device Manager

Google Find My Android Device

Setiap pengguna perangkat iPhone dan iPad pasti tidak asing dengan fitur “Find My iPhone” yang telah disematkan oleh Apple untuk setiap perangkat mereka. Apakah fitur ini ada di pengguna smartphone android? Sudah ada. Google telah mengaktifkan fitur ini dengan cara install Google Find My Device.

Seperti layaknya iPhone, smartphone android untuk melakukan tracking perangkat menggunakan layanan web dari Google Find My Device. Dengan menggunakan layanan ini kita bisa melakukan berbagai macam hal dan tentu saja tergantung dari fitur layanan ini. Hal apa saja yang kita lakukan dengan Google Find My Device? Kita bisa membunyikan dering dari smartphone android, Menghapus semua data yang ada, dan mengamankan smartphone.

Ada beberapa langkah yang harus kita yang harus kita lakukan untuk menggunakan layanan ini. Saya sarankan bagi teman – teman yang belum pernah menggunakan maka gunakanlah. Mengapa? Karena dengan layanan ini, minimal bisa mengamankan smartphone kita jika terjadi sesuatu.

A. Persiapan

Ini adalah hal yang harus kita periapkan sebelum menggunakan Android Device Manager di smartphone android.

  1. Kita harus Install terlebih dahulu aplikasi di Android Play Store Google Find My Device. Mungkin sahabat akan menemukan dalam bahasa indonesia di sebut Google Temukan Perangkat Saya.
  2. Email yang biasa digunakan di smartphone android, saya sarankan jangan diubah – ubah untuk emailnya.
  3. Pastikan GPS diizinkan untuk melakukan akses lokasi dari smartphone android. Setting High

B. Langkah Mudah Menggunakan Android Device Manager

  1. Pada tahap perisiapan kita telah kita lakukan supaya bisa mengakses Android Device Manager dari jarak jauh. Kita mulai dengan membuka browser kesayangan kita, misalnya menggunakan Google Chrome.
  2. Kemudian kita bisa mengakses https://www.google.com/android/find?u=1 dengan menggunakan browser yang telah kita buka. Kita bisa melihat angka 1 di belakang link tersebut. Hal itu menunjukkan device android yang terhubung dengan email.
  3. Kita harus menggunakan email yang sama dengan email yang kita gunakan untuk login di website Google Find My Device. Mengapa? Karena kita akan langsung menemukan device yang sedang login dengan menggunakan email tersebut.
  4. Kita bisa langsung contact device atau smartphone yang sedang terhubung dengan email yang kita gunakan.
  5. Setelah terhubung, kita bisa melacak keberadaan smartphone android ketika kita lupa letaknya di mana. Ketahuan ya jika saya orangnya agak pelupa jadi fitur ini sangatlah berguna.

Sekarang kita sudah tidak khawatir jika lupa meletakkan smartphone android di mana pun berada. Kita bisa mengintip di mana letak smartphone android tersebut dengan cara membunyikan nada dering. Hal yang terpenting ketika smartphone android tersebut hilang maka kita bisa mengamankan data – data yang ada di dalamnya. Jika tidak ingin orang lain tahu apa saja yang ada di sana, seperti no contact, kita bisa menghapus dari jarak jauh.

Terima kasih teman – teman sudah mampir di ikirangga blog. Semoga artikel yang kita sajikan di blog ini bermanfaat untuk teman – teman. Artikel ini juga bisa dishare supaya lebih berguna untuk yang belum tahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here