Home Ikirangga Tutorial Android Tutorial 5 Langkah Mudah Mengaktifkan Parental Control di Play Store Android

5 Langkah Mudah Mengaktifkan Parental Control di Play Store Android

parental control play store

ikirangga – Kepopuleran android memang tidak bisa diragunkan lagi di dunia smartphone saat ini. Semua hal yang berhubungan dengan smartphone akan selalu dihubungkan dengan android dan play store android seperti misalnya jika ada game smartphone yang terbaru, kita bisa akses situs game mobile tersebut dan langsung diarahkan untuk download ke plays store android.

Ada suatu kekhawatiran dari orang tua tentang game, aplikasi dan hal – hal lain yang di download secara bebas dari play store. Apakah kita mengatur game atau aplikasi apa saja yang bisa didownload dari play store? Tentu saja jawabannya bisa teman – teman. Google telah memikirkan hal tersebut, setiap developer yang upload aplikasi ke play store harus mencantumkan kategori usia untuk aplikasinya tersebut. Pertanyaannya, bagaimana orang tua bisa mengatur aplikasi atau game apa saja yang bisa didownload oleh anaknya? Google telah melengkapi play store dengan sistem yang disebut parental control.

Apa itu parental control? Suatu menu pengaturan yang telah disiapkan oleh Google untuk para orang tua membatasi aplikasi yang muncul di mesin pencarian play store sesuai dengan usia dari masing – masing anak, misalnya kita ingin ketika anak – anak search di play store dan yang muncul hanya aplikasi atau game dengan kategori hanya untuk anak usia 10 tahun saja.

Jika masih bingung, teman – teman bisa melihat langkah – langkah yang akan kita jelaskan dibawah ini.

Mengamankan Play Store Android dengan Parental Control

  1. Buka aplikasi play store yang sudah terinstall di smartphoen android teman – teman.parental control play store part 1
  2. Lalu buka bagian setting untuk play store android, bagaimana caranya? Teman – teman bisa lihat gambar di bawah ini.parental control play store part 2
  3. Nah sekarang teman – teman sudah berada di halaman setting untuk play store android, aktifkan option parental control yang ada di halaman setting tersebut. nantinya teman – teman akan diminta untuk membuat PIN 2 kali dan yang kedua untuk konfirmasi saja apakah PIN yang dimasukkan yang pertama sama atau tidak.parental control play store part 3
  4. Setelah option parental control di aktifkan, sekarang kita akan mengatur aplikasi apa saja yang bisa dibuka dan muncul di playstore berdasarkan usia, contohnya kita bisa pilih batasan usia 10 tahun saja yang akan muncul di play store. Untuk Movies, TV, Books dan Music teman – teman bisa mengatur juga untuk level usianya.
  5. Teman – teman sudah berhasil mengatur parental control untuk playstore android.

Sekarang teman – teman sudah tenang jika smartphone android atau tablet kita dipinjam oleh anak atau keponakan yang masih kecil karena apapun yang muncul di playstore tidak akan lebih dari usia yang kita setting untuk mereka. Kita anggap saja usia yang memegang smartphone atau tablet android tersebut tidak lebih dari 7 tahun sehingga settiangan kita tadi akan mengarahkan ke apliksi yang mempunyai rate 7 tahun.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here