Home Ikirangga Tutorial Blogging 4 Tools Gratis Untuk Riset Keyword Ketika Membuat Artikel Blog

4 Tools Gratis Untuk Riset Keyword Ketika Membuat Artikel Blog

Sebelumnya ikirangga sudah share tentang 6 langkah mudah membuat sebuah blog di blogger dan juga 2 langkah mudah membuat blog di wordpress bagi pemula. Sekarang kita akan membahas tentang 4 tools gratis untuk riset keyword di artikel blog yang kita kelola.

Dalam menulis sebuah artikel yang berkualitas ada banyak aspek yang harus kita teliti atau riset. Kita tentu ingat denga prinsip dasar ketika membuat essay sewaktu SD atau SMP yaitu 5W+1H (What, Where, When, Why, Who, dan How) dan prinsip dasar ini harus kita pegang selalu ya teman – teman ikirangga.

Dalam pembuatan sebuah artikel, tentu saja kita harus memperhatikan kata kunci atau keyword yang menjadi unsur dasar dari artikel yang akan kita buat. Hal – hal yang harus kita perhatikan dalam menentukan keyword adalah jumlah volume pencarian terhadap keyword , tingkat kesulitan dari keyword, keyword suggestion (keyword yang disarankan) serta search volume, keyword difficulty, keyword suggestion, dan SERP (Search Engine Result Page).

Tools Gratis Untuk Riset Keyword untuk membuat artikel sebuah blog

1. Keyword Everywhere

Tools yang pertama ini bernama keyword everywhere, sesuai dengan namanya di mana – mana ada keyword yang akan kita lihat setiap kali kita melakukan pencarian di google. Keyword Everywhere adalah salah satu tools gratis yang bagus untuk melakukan riset keyword sebelum kita membuat sebuah artikel yang sesuai dengan niche blog kita.

Ketika plugin Keyword everywhere sudah terpasang di Google Chrome atau Firefox maka setiap kali kita melakukan pencarian di mesin pencari Google maka di samping kanan akan keliatan keyword, turunan keyword, volume pencarian dan cost per click. Sumber informasi yang sangat berguna sekali untuk riset keyword ya teman – teman.

2. Google Trend

google trend

Tools yang kedua yang bisa kita gunakan secara gratis adalah Google Trend yang merupakan tools milik google. Dengan melakukan akses google trend ini, kita bisa melihat trend apa yang sedang booming dan paling banyak dicari oleh orang seluruh dunia. Mengapa seluruh dunia? Karena kita bisa memilih dari negara mana yang akan kita bidik keyword yang akan kita gunakan untuk riset artikel di blog. Misalnya kita memasukkan keyword dan memilih negara Indonesia maka akan kelihatan performance dari keyword yang kita cari.

3. Google Related Search

Untuk tools yang ketiga ini adalah search engine google itu sendiri yang kita jadikan sebagai tools untuk riset kata kunci atau keyword. Coba teman – teman perhatikan ketika memasukkan kata kunci atau keyword dan melakukan pencarian akan muncul keyword – keyword yang  disarankan oleh google yang mendekati apa yang kita mau cari. Teman – teman bisa lihat gambar di atas ketika saya memasukkan keyword “membuat partisi” maka akan muncul suggestion keyword seperti membuat pasrtisi windows 10, membuat partisi hardisk, membuat partisi ruangan, dan lain sebagainya. Nah keyword inilah yang bisa kita buat sebagai kata kunci utama di dalam artikel dan judul.

Apa yang terjadi ketika dipadukan dengan keyword everywhere? Akan muncul volume pencarian dan cost per click di samping suggestion search.

4. Uber Suggest

uber suggest tools

Tools yang keempat adalah Uber Suggest yang merupakan milik dari Neilpatel. Ini adalah salah satu tools yang bisa digunakan secara gratis. Informasi apa saja yang muncul dari Uber Suggest ini? Kita akan mendapatkan informasi search volume, cost per click, trend pencarian, top 20 blog atau website yang telah menggunakan keyword yang kita cari tersebut dan masih banyak lagi informasi yang bisa kita dapatkan.

Nah itu adalah 4 tools yang bisa teman – teman coba untuk melakukan riset keyword, manakah tools yang harus kita gunakan? Kita bisa dilakukan kombinasi fungsi dari tools tersebut untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Keyword – keyword yang muncul dari hasil pencarian dari tools di atas bisa menjadi salah satu dari judul artikel ataupun menjadi bagian dari artikel di setiap paragrapnya.

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, jika ingin lebih dekat dan lebih update bisa follow kita di Facebook Fan Page di ikiranggadotcom. Semoga Informasi yang telah kami sampaikan bermanfaat, bisa share untuk teman – teman yang belum tahu informasi ini.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here