Home Ikirangga Tutorial Android Tutorial 3 Langkah Mudah Mengakses Android Tanpa Kabel Data

3 Langkah Mudah Mengakses Android Tanpa Kabel Data

transfer melalui wifi dengan file commander

Apa yang harus kita lakukan jika kita ingin melakukan akses ke sebuah smartphone android? Pasti jawaban yang ada di dalam hati adalah dengan menggunakan kabel data. Apakah ada hal lain selain menggunakan kabel data? Tentu saja ada. Nah lho kok bisa? Bisa dong. Kita bisa memanfaatkan wifi jadi mudah mengakses android tanpa kabel data.

Mengapa Wifi bisa digunakan untuk mengakses smartphone android? Karena jaringan wifi dirasa lebih stabil daripada bluetooth.

Bagaimana cara kerja secara singkat dengan menggunakan cara ini? Jadi dengan menggunakan wifi akan terbentuk sebuah alamat ip address. Alamat IP addres ini yang nanti kita gunakan untuk melakukan akses smartphone android kita. Kita akan menggunakan bantuan aplikasi android yang bernama File Commander.

Saya menggunakan file commander ini karena penggunaannya cukup simpel dan tidak susah. Terdapat fitur – fitur yang berguna seperti transfer file melalui jaringan wifi, show & hide folder dan masih banyak lagi. Untuk percobaan kali ini kita akan menggunakansalah satu fitur dari File Commander yaitu PC File Transfer.

A. Persiapan

  1. Download terlebih dahulu file commander, ini bisa sahabat ikirangga dapatkan di play store android atau ditempat lainnya (ini tidak akan saya bahas, sahabat bisa googling sendiri ya….)
  2. hubungkan terlebih dahulu PC atau laptop dengan jaringan wifi yang sama dengan smartphone dan begitu pula smartphone.

B. Langkah mengakses android tanpa kabel data

  1. Siapkan smartphone yang akan kita gunakan lalu kita install aplikasi File Commander sebagai media untuk memunculkan ip address.
  2. Buka aplikasi File Commander dan klik pada menu PC File Transfer yang ada di home page-nya.transfer lewat wifi
  3. Setelah itu sahabat ikirangga akan disambut dengan ucapan selamat datang dengan gambar PC dan smartphone dengan lambang wifi. Sahabat ikirangga bisa klik tulisan OK I Got It.transfer melalui wifi
  4. Setelah tulisan OK I Got It di klik maka kita akan disuguhkan dengan tampilan seperi di bawah ini. Klik bulatan yang ada di tengah dan akan terbentuk IP address. Nah IP address ini yang akan menjadi penghubung antara smartphone android dan pc atau laptop melalui wifi.transfer melalui wifi android
  5. Buka browser kesayangan sahabat ikirangga, dalam case ini saya menggunakan google chrome. Tuliskan IP Address yang muncul pada langkah 4 di tempat biasa kita menuliskan alamat website. Sekarang kita sudah muncul storage yang ada di smartphone android kita, sahabat ikirangga.transfer melalui wifi

C. Cara penggunaan

Nah untuk langkah ketiga ini adalah cara menggunakan File Commande ini ketika kita ingin transfer file dari laptop ke smartphone android atau sebaliknya.

  1. Tuliskan IP Address yang telah didapatkan dari aplikasi File Commander. Kita akan ditampakan tampilan storage dari smartphone android kita.
  2. Tentukan di folder mana kita akan meletakkan file yang ada di laptop atau pc yang kita miliki.transfer melalui wifi
  3. Pindahkan file tersebut ke folder yang telah ditentukan dengan cara di dragĀ  (ditahan lalu di geserkan file tersebut menuju ke tempat tujuan) langsung ke folder tersebut.transfer file melalui wifi

Sekarang sahabat ikirangga sudah bisa mendapatkan alternatif untuk mengakses storage yang ada di smartphone android sahabat selain menggunakan kabel data. Apakah kegunaan cara alternatif ini? Ketika sahabat malas mengambil kabel data yang ada di tas terus pada saat itu ingin memindahkan file dari laptop atau pc ke smartphone android, sahabat bisa langsung memindahkan file tersebut. Kok keren ya alasannya malas? Biasanya kalau saya begitu, bagaimana dengan sahabat ikirangga?

Terima kasih telah berkunjung di blog ikirangga, semoga informasi yang disajikan di blog ini bermanfaat. Sahabat ikirangga juga bisa berkunjung di fan page ikirangga. Sahabat juga bisa share supaya informasinya tidak berhenti di sahabat ikirangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here